Muh Zuhri, Sosok Penyuluh Langka Berdakwah Di antara Kerasnya Kehidupan Musisi Jalanan Klaten

KLATEN – Sosok abdi negara yang satu ini pantas dicontoh dalam mengabdi. Tidak saja kreatif tapi bekerja dalam panggilan jiwa tidak semua ASN bisa melakukannya.

Dia adalah Muhammad Zuhri. Penyuluh agama Islam dari Kementerian Agama Klaten yang bertugas di KUA Kecamatan Klaten Utara ini rela tulus turun ke jalan, berdakwah menebar kebenaran dan mengajak kebaikan para anak jalanan yang mungkin banyak orang memandang sebelah mata.

“Belasan tahun saya mengajar TPA. Rasa hati tidak tega anak – anak itu harus lari dari rumah dan hidup di jalanan mencari rejeki untuk menyambung hidup. Ini panggilan jiwa saya untuk mengajarkan agama. Alhamdulillah sebanyak 22 anak pengamen musik bambu Putra Pangestu mau menerima saya dan belajar agama” tutur Zuhri saat presentasi di ajang Pemilihan Penyuluh Agama Teladan Kementerian Agama Klaten (Kamis, 27/05) bertempat di Aula Masjid Raya Klaten.

Ia bertutur kalau pengamen jalanan Putra Pangestu itu ada dua lokasi mangkal. Ada Pandanrejo Klaten Utara dan lain di perempatan traffic light GOR Gelarsena Klaten. Tidak mudah bagi Zuhri bisa masuk komunitas musisi jalanan ini. Tapi lewat terus pendekatan dan silaturahmi mereka akhirnya luluh dan terbuka.

Baca Juga:  Gubernur : Kurva Melonjak, Siapkan RS Khusus Covid-19

“Tidak mudah bisa masuk di komunitas jalanan. Tapi saya percaya pertolongan Allah SWT. Niat baik pasti ditunjukkan jalan. Strategi saya adalah mengundang mereka makan dan ingin silaturahim. Alhamdulillah kehadiran saya bisa diterima” ungkapnya.

Terkait kegiatan berdakwah dengan anak jalanan ini penyuluh dengan nama lengkap Muhammad Zuhri ini adalah mengajarkan sholat dan mengaji. Karena terpenting bagi mereka kata Zuhri di tengah godaan kehidupan jalanan harus tetap ingat dengan Allah SWT.

“Bagi saya mereka juga berhak mendapatkan ilmu agama dan bimbingan. Alhamdulillah niat saya diterima para musisi jalanan seniman Putra Pangestu kini bisa belajar mengaji dan sholat. Saya bantu advokasi mereka. Bahkan ada yang saya nikahkan. Terus saya menguruskan KTP dan KK karena mereka tidak punya identitas kependudukan” pungkasnya.

Untuk diketahui Muhammad Zuhri terpilih menjadi penyuluh agama teladan Kabupaten Klaten 2021 untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ia mengusung tema dakwahnya berjudul “Membangun Nilai Spritualitas dan Moralitas Pada Musisi Jalanan Putera Pangestu di Kabupaten Klaten” Makalah yang diambil mampu mencuri perhatian dewan juri untuk meloloskannya sebagai pemenang penyuluh agama teladan Kabupaten Klaten 2021 dan berhak mewakili Kota Bersinar di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga:  Gubernur : Waspadai Varian Baru Virus Covid 19

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 267 kali

Comments are closed.