Naik Panggung Tanpa Persiapan, Bakal Turun Panggung Tanpa Penghormatan

KLATEN – Banyak kesan dan pesan yang bisa diingat dari sosok seorang dr Ronny Roekmito M.Kes. Pejabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten sekaligus Pejabat Harian (Plh) Sekda Klaten yang terhitung 1 Januari 2022 memasuki masa pensiun.

Salah satu pesan mendalam disampaikan putra mendiang mantan Bupati Klaten Soemanto itu di acara Pelepasan Purna Tugas dr Ronny Roekmito bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Klaten (Jumat, 31/12) yang dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dan pejabat setempat.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Angkatan 1982 itu menekankan agar para ASN muda Klaten banyak belajar dan terus menempa komptensi diri dalam tugas.

“Para pejabat di sini pada masanya nanti akan berganti. Maka para ASN Klaten harus siap menjadi pemimpin dan berbekal diri. Sehingga ada ungkapan bijak, siapa naik panggung tanpa persiapan, bakal turun panggung tanpa penghormatan” ungkap Ronny didamping istri drg Lexy Roekmito.

Pria yang punya nama pena Datuk Rajo Endah itu juga berpesan agar aparatur negara tidak saja bisa menyampaikan masalah, tapi juga mampu memberikan alternatif solusi.

Baca Juga:  Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Fokus Pembangunan Pemkab Klaten Tahun 2023

“Atasan itu jangan selalu disodori masalah. Kalau kita bisa menyelesaikan masalah itu lebih baik. Jangan selalu masalah ditimpakan pada pimpinan atau atasan. Paling tidak kita memberikan alternatif solusi kepada atasan. Tidak klah penting adalah sebagai perangkat daerah itu harus responsif terhadap masalah, salah satunya menanggapi melalui media sosial” pesannya.

Pejabat kelahiran 28 November 1961 mengakhiri masa tugasnya dengan banyak kesan dan kenangan mendalam. Ilmu, arahan dan pengalaman itu menjadi warisan untuk ASN mengabdi dan berkarya membangun Klaten di masa depan. Terima kasih dr. Ronny.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 342 kali

Comments are closed.