Nama Wabup Yoga Hardaya Dicatut Penipuan Bantuan, Kepala Diskominfo Klaten Ingatkan Ini…

KLATEN – Nama Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya kembali dicatut pelaku penipuan yang menyasar warga Klaten melalui aplikasi perpesanan WhatApps. Masyarakat dihimbau untuk waspada dan selalu kroscek kebenaran informasi yang diterima.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Klaten, Amin Mustofa mengatakan modus yang digunakan pelaku hampir serupa dengan aksi pelaku penipuan via WhatApps sebelumnya. Yakni mengirimkan pesan atas nama Wabup Yoga Hardaya kepada korban dan menginformasikan bahwa yang bersangkutan akan mendapatkan bantuan dari Wabup.

“Adapun sasarannya adalah panitia pembangunan masjid di wilayah Klaten. Diinformasikan bahwa masjid yang dihubungi akan mendapatkan bantuan dana dari Wabup,” paparnya kepada klatenkab.go.id, Kamis (9/2/2023).

Ia menjelaskan pelaku juga meminta informasi dari korban berupa foto identitas dan nomor rekening. Setelah nomor rekening dikirimkan, pelaku kemudia mengirimkan bukti transfer dengan nominal yang dilebihkan dari informasi awal bantuan yang diterima.

“Setelah itu, pelaku meminta korban untuk mentransfer ulang kelebihan nominal yang ditransfer, padahal tidak ada transfer dan bukti yang disampaikan adalah fiktif,” ungkapnya.
Dengan munculnya modus penipuan tersebut, Amin meminta masyarakat lebih waspada dan selalu mengutamakan cek kebenaran informasi.

Baca Juga:  Kampanyekan Aksidifa, Pemkab Klaten dan PPDK Gelar Bimtek

“Selalu waspada. Terlebih saat ini pengolahan informasi secara digital sudah sangat maju. Sehingga memungkinan membuat informasi palsu seperti bukti transfer bank fiktif sangat mudah dilakukan,” katanya. (ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 188 kali

Comments are closed.