Ngopi Bareng pertama di 2020, Bupati Klaten Undang Sekdes dan Seklur

Klaten- “8 strategi untuk Sekretaris Desa yaitu Pahami Tupoksi, Tertib Administrasi, Komunikasi, Kembangkan Potensi, Gali Inovasi, Transpransi, dan Gali Partisipasi” Kata Kepala Dispermasdes Jaka Purwanto sebagai pengantar dalam acara yang bertajuk Ngopi Bareng dan Rakor Tertib Administrasi bersama Bupati Klaten Hj Sri Mulyani di Pendopo Rumah Dinas pada sabtu pagi (18/1)

Seluruh Sekretaris Desa dan Sekretaris Kelurahan hadir memenuhi undangan tersebut, sebagai modal modal awal untuk pembentukan APBDes serta penggunaan Anggaran Dana Desa lebih tepat sasaran.

Ketua Dispermasdes Klaten, Jaka Purwanto menambahkan, pembuatan administrasi di desa bukan merupakan kewajiban tetapi merupakan sebuah kebutuhan. Karena dengan tertib administrasi ini dapat meminimalisir terjadinya konflik dalam desa.

Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dalam pidato sambutannya menuturkan Hal yang paling penting untuk Sekretaris Desa yaitu tertib dan aman dalam administrasi serta selalu sigap tanggap dalam membantu Kepala Desa dan Perangkat Desa lainnya. Menurut data yang ada Kabupaten Klaten memiliki 129 Sekdes PNS, 196 Sekdes Non PNS, dan terdapar kekosongan kursi sebanyak 66. Untuk kekosongan kursi sekdes ini akan segera didiskusikan oleh Bupati Klaten bersama dengan Dispermasdes, Camat dan tentunya Kepala Desa yang terkait.
“Tujuan dari diadakannya ngopi bareng ini adalah memperkuat hubungan antara desa dan kabupaten, untuk meningkatkan administrasi desa” Lanjut Hj Sri Mulyani

Kemudian, Hj Sri Mulyani menambahkan untuk Sekdes/Seklur harus segera menyelesaikan administrasi desa dan menertibkan administrasi di desanya agar tidak memicu terjadinya konflik. Untuk itu pada tahun 2020 aset desa harus segera diselesaikan karena di awal tahun 2020 ini baru ada 57 desa yang sudah menyusun dan mengumpulkan APBDesnya, dan untuk desa yang belum menyusun agar segera menyelesaikan APBDesnya. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 wib dan selesai pukul 11.30 WIB.

telah dibaca: 67 kali

Comments are closed.