Ngopi Bersama Pengelola SAKIP OPD, Bupati Targetkan SAKIP Klaten Raih Nilai A


Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Jumat pagi (8/3/2019) mengundang pengelola Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten untuk Ngopi Bersama di Rumah Dinas Bupati Klaten. Bupati Hj Sri Mulyani menargetkan SAKIP Pemkab Klaten bisa meraih nilai A.
Dalam sambutannya, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan, tetangga Klaten yakni Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) SAKIP tahun 2018 meraih nilai AA dengan nilai 90-100 dan Kabupaten Wonogiri meraih BB dengan nilai 70-80. Pada tahun 2018 SAKIP Pemkab Klaten meraih B dengan nilai 60,33 dan untuk meraih BB atau nilai A bahkan nilai AA membutuhkan kerja keras para pengelola SAKIP semua OPD yang ada di Pemkab Klaten.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengharapkan para pengelola SAKIP dapat belajar di Pemkab Wonogiri maupun Pemprov DIY. Meski begitu Pemkab Klaten mengucapkan terimakasih kepada para pengelola SAKIP, karena nilai SAKIP Pemkab Klaten tahun 2018 sudah mendapat nilai B, artinya sudah lebih baik dari tahun 2017 yang meraih nilai CC dan lebih baik dari tahun 2016 yang hanya meraih nilai C.
Sementara itu Asisten III Sekda Klaten H Sri Winoto SH dalam pengantarnya mengatakan, untuk meraih penilaian SAKIP dengan kreteria B tidaklah mudah, karena beberapa tahapan dilalui dengan kerja keras pengelola SAKIP semua OPD di Pemkab Klaten. Dimulai Januari-Februari 2018 menyusun sistem akuntabilitas kinerja perangkat daerah, Februari sampai Maret 2018 penyusunan SAKIP meliputi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Indikator Kinerja Utama (IKU), cascading, PK Bupati, rencana aksi dan laporan kinerja.

Dikatakan, pada Maret 2018 revisi SAKIP oleh Inspektorat Klaten dan akhir Maret 2018 dokumen SAKIP di-upload ke aplikasi e-SAKIP review (ESR) Kemenpan RB dan print-outnya dikirim ke Kemenpan RB, Kemendagri dan Bappenas. Setelah itu 15-17 Juli 2018 diadakan coaching clinic SAKIP yang diadakan Kemenpan RB di Solo dan dalam rangka peningkatan kualitas SAKIP Pemkab Klaten diperlukan data dukung berupa Sistem Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah yang telah dievaluasi Inspektorat Pemkab Klaten minimal 12 laporan kinerja OPD.

Selanjutnya, kata H Sri Winoto, September 2018 evaluasi laporan kinerja perangkat daerah sebanyak 12 OPD masing-masing Bappeda, BKPPD, BPKD, Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Sosial P3AKB, Disperwaskim, DPUPR, Disdagkop dan UKM dan Dinas Perhubungan. Kemudian 23-24 November 2018 rakor dan coaching clinic si Solo dan pada 30 November menyiapkan sekaligus paparan SAKIP di Kemenpan RB.

H Sri Winoto menambahkan, pada Desember 2018 melakukan analisis efisiensi terhadap capaian target sasaran Pemkab Klaten dan hasilnya di-upload ke e-SAKIP review. Lalu 19 Februari 2019 Pemkab Klaten yang diwakili Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menerima penghargaan akuntabilitas kinerja tahun 2018 yang memperoleh 60,33 kategori B dan saat ini Pemkab Klaten menyiapkan SAKIP 2019 semoga meraih nilai BB atau bahkan langsung meraih nilai A.

Acara Ngopi bersama Bupati juga dihadiri Sekda Drs H Jaka Sawaldi MM, staf ahli bupati, asisten Sekda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Klaten dan jajaran camat se Kabupaten Klaten

telah dibaca: 21 kali

Comments are closed.