Nguri – Uri Basa dan Sastra Jawa di Ajang Lomba Panatacara

KLATEN-Sebanyak 23 peserta beradu “olah kridaning basa miwah sastra Jawi ” di lomba panacara yang diadakan Dewan Kesenian Kabupaten Klaten yang diadakan di Aula Broadband Learning Center (BLC) Telkom Klaten yang berlokasi di timur Gedung RSPD Klaten, Jumat (9/8/2019). Lomba panacara dibuka Ketua Umum Dewan KesenIan (Wankes) yang diwakili Ketua 4, Wahyudi Martono sebagai usaha nguri – uri budaya dan sastra Jawa.
“Melalui lomba panacara membuktikan, Dewan Kesenian Klaten sangat peduli dengan perkembangan sastra Jawa di Kabupaten Klaten. Apalagi di Wankes Klaten mempunyai Komite Sastra Jawa yang tugasnya antara lain ikut berperan membantu pemerintah dalam melestarikan seni budaya Jawa seperti Sastra Jawa” jelas Wahyudi sekaligus Kepala Bagian Humas Setda Klaten.
Dikatakan, Sastra Jawa telah menjadi bagian kehidupan masyarakat Jawa sejak dahulu kala, bahkan telah ada sejak peradaban orang Jawa di Pulau Jawa. Dalam lomba panacara ini setiap peserta diberikan kesempatan untuk menempatkan dirinya sebagai seorang panacara pada suatu acara seperti pada hajatan warga.
Wahyudi Martono menyatakan, saat ini di Kabupaten Klaten sangat banyak warga yang mumpuni dalam bidang panacara, sehingga diyakini sastra Jawa di Klaten masih sangat bagus. Apalagi di Klaten ada pawiyatan yang khusus mempelajari kepanatacaraan seperti Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) dan Wankes Klaten sendiri juga mempunyai Komite Sastra Jawa yang bertugas melestarikan dan mengembangkan Sastra Jawa.
Sementara itu Ketua Komite Sastra Jawa Wankes Klaten, Lanjar Puryanto dalam laporannya mengatakan, peserta lomba panatacara merupakan perwakilan dari kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten. “Lomba ini dilaksanakan merupakan rangkaian Hari Jadi Ke 215 Kabupaten Klaten dan HUT RI Ke 74. Adapun dewan juri lomba panatacara masing-masing H Ngadi SPd MPd guru Bahasa Jawa SMPN 2 Klaten, Ki Sumanto selaku dwijo Permadani Klaten dan Ki Sunardi dosen Bahasa Jawa Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten. Hasil lomba akan disampaikan saat wayangan di Alun-Alun Klaten nanti” jelas Lanjar

telah dibaca: 35 kali

Comments are closed.