Optimalkan Program, PKK Klaten Luncurkan Inovasi SIAP

KLATEN– Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Klaten meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Pendataan (SIAP) PKK untuk mengoptimalkan administrasi dan pelaporan 10 program PKK di Kabupaten Klaten. Diharapkan dengan adanya inovasi sistem informasi ini, pelaporan program-program PKK dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan efektif.

Secara resmi, SIAP PKK di-launching oleh Bupati Klaten Sri Mulyani yang juga Ketua Dewan Pembina PKK Klaten beserta Ketua TP PKK Klaten Atik Jaka Sawaldi dalam acara Temu Kader TP PKK, yang digelar secara virtual, Rabu pagi (29/7).

“TP PKK Klaten bermitra dengan Diskominfo Klaten dalam menyiapkan software sistem informasi manajemen PKK untuk menunjang kelancaran ketepatan dan keakuratan 10 Program PKK. Melalui perbaikan sistem pelaporan yang kita namakan SIAP PKK dapat terealisasi” jelas Ketua TP PKK Klaten Atik Jaka Sawaldi saat memberikan pengarahan pada perwakilan penggerak PKK dari 26 kecamatan melalui Zoom Meeting.

Pada kesempatan peluncuran SIAP PKK dan temu kader kali ini, Atik turut meminta agar segenap kader PKK baik di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dengan perkembangan teknologi informasi. Tak hanya itu, dirinya pun berharap agar peran kader PKK dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera semakin optimal.

Dikatakannya, dalam realisasi program kerja PKK turut dilakukan dengan inovasi-inovasi. Salah satunya adalah program kerjasama PKK dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten yaitu Bus Jemput Anak Sekolah Baca Buku (Bejanaku). Kemudian, berbagai prestasi yang membanggakan telah berhasil diperoleh PKK Kabupaten Klaten dan telah diakui di kancah Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Sri Mulyani mengapresiasi inovasi dan peran aktif Tim Penggerak PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Klaten.

“Saya selaku ketua dewan pembina saya sangat berterimakasih pada PKK baik ditingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa yang telah bekerjasama membantu kami pemerintah dalam rangka ketersedian pangan, mendidik anak-anak dan berbagai kegiatan lain, prestasi yang diraih sangat luar biasa dengan kekompakan” jelas Sri Mulyani

Sebagai informasi, pada masa pandemi kali ini, temu kader PKK Klaten yang dipusatkan di Pendopo Pemkab Klaten, turut diikuti penggerak PKK tingkat kecamatan hingga desa secara virtual melalui Zoom Meeting. Dari 26 kecamatan, mereka terhubung dan aktif melakukan diskusi tanya jawab dengan Sri Mulyani dan Atik Jaka Sawaldi.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 44 kali

Comments are closed.