Pagelaran Wayang Kulit di Hari Jadi ke-219 Klaten : Sri Mulyani Serahkan Puluhan Penghargaan

KLATEN- Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI, Pemerintah Kabupaten Klaten mengadakan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Srikandhi Tandang bersama dalang Ki Bagonk Darmono.

Dihadiri Forkopimda, Staf Ahli, Direktur BUMD, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, dan masyarakat Kabupaten Klaten, Jumat (01/09/2023) di Alun-Alun Klaten.

Kesempatan tersebut Bupati Klaten, Sri Mulyani menyerahkan sejumlah kurang lebih 65 penghargaan dan kejuaraan lomba dalam rangka Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI. Antara lain Lomba Festival Dalang, Klaten Lurik Carnival, Karnaval Pembangunan, Sepak Bola, Festival Perahu Rakit, Evaluasi Kinerja Kecamatan, Penghargaan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Badan,Dinas, dan Kecamatan, serta penghargaan Industri Kecil Menengah (IKM) dan penyelenggara pelayanan publik.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi kepada Ketua Umum yang telah menyelenggaran seluruh rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI. “Luar biasa telah memberikan suguhan dan event-event yang sangat meriah,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyampaiakan pertunjukan Wayang Kulit ini belum menjadi akhir rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI. “Sampai akhir tahun masih melanjutkan adanya event-event lagi, guna meningkatkan perekonomian UMKM agar semakin sejahtera. Nantinya masih ada Sholawat bersama Habib Syech dan kegiatan Festival Reog,” jelas Sri Mulyani.

Baca Juga:  Temui Puput TKW yang Kritis di Dubai, Bupati Klaten Beri Bantuan Rp 10 Juta

Sementara Ketua II Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI, sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) , Sri Nugroho melaporkan kegiatan wayang kulit guna melestarikan kebudayaan dan sebagai warisan bangsa.

Ia memaparkan bahwa selain penampilan wayang kulit dengan dalang Ki Bagonk Darmono, juga dimeriahkan bingang tamu seperti Petruk Sadebey, Bagong Glondor, Eka Kebumen, dan Uncek Sanusi. “Kemudian ada pemberian reward (penghargaan dan kejuaraan) kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kecamatan,” tambah Sri Nugroho. (ttr-kominfo/klt)

telah dibaca: 219 kali

Comments are closed.