Parade Karawitan Tutup Shining Klaten Arts Festival 2023

KLATEN – Sebanyak 26 grup karawitan unjuk kebolehan di ajang Parade Karawitan yang menjadi acara penutup Shining Klaten Arts Festival 2023, Minggu (17/9/2023). Grup karawitan tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan.

Kepala Disbudporapar Klatan, Sri Nugroho mengatakan tema dari gelar karawitan ini “Ungeling Gending Minangka Piweling” yang dimaksud agar seni ini untuk senantiasa memberikan pengingat bagi manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa.

Menurutnya selama hampir 3 tahun seni budaya khususnya karawitan, ketoprak, tarian, dan wayang orang belum secara maksimal.

“Dengan awal ini tentunya kita bersama-sama selalu bersyukur sehingga dalam rangka gelar budaya yang ada pada pagi ini dengan seni karawitan yang diikuti oleh 26 Kecamatan dan dari gendingnya sudah ditentukan yang pertama yaitu Klaten bersinar, dan yang kedua pilihan dari para peserta,” ucapnya.

Sri Nugroh berharap dengan diadakannya acara ini agar pemajuan budaya yang ada di Klaten ini tetap lestari. (dil-yn/Kominfo-klt)

telah dibaca: 208 kali

Comments are closed.