Partisipasi Pilkada Klaten 2020 Lebihi Target Nasional

Klaten – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten mencatat tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 lalu mengalami peningkatan signifikan dibandingkan penyelenggaraan pilkada sebelumnya.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Klaten, Syamsul Ma’arif mengatakan pada penyelenggaraan Pilkada 9 Desember 2020 lalu, tingkat partisipasi masyarakat pemilih mencapai 81,4 persen. Sementara pada Pilkada Klaten 2015 lalu, tingkat partisipasi mencapai 68,2 persen.

“Ada kenaikan yang signifikan pada Pilkada 2020. Semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi,” ungkapnya dalam kegiatan evaluasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya jumlah itu melampaui target nasional yang hanya mematok partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen. “Bukan hanya melampaui target nasional, namun juga menjadi yang tertinggi dibanding tiga gelaran Pilkada langsung di Klaten pada tahun 2005, 2010 dan 2015,” paparnya.

Komisioner Divisi Teknis KPU Klaten, Samsul Huda mengatakan penyelenggaraan Pilkada 2020 tidak terlepas dari keraguaan sejumlah pihak karena pelaksaannya di tengah pandemi Covid-19. Ada sejumlah faktor yang mendongkrak tingginya partisipasi masyarakat pada Pilkada Klatem 2020, di antaranya sosialisasi pelaksanaan Pilkada kepada seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga:  ASN Klaten Salurkan Bantuan Masyarakat Terdampak Covid-19

“Kita banyak melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik itu kepada organisasi masyarakat (ormas), kalangan pemilih pemula hingga sosialisasi keliling di setiap kecamatan,” jelasnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 20 kali

Comments are closed.