Pasar Gede Klaten Direnovasi, Pemerintah Siapkan Pasar Darurat

KLATEN- Pemerintah Pusat akan merenovasi Pasar Tiga Lantai atau “Pasar Gede” Kabupaten Klaten. Bangunan pasar yang usianya lebih dari 25 tahun tersebut rencananya akan direnovasi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dengan menggunakan anggaran 30 Miliar Rupiah bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Agar para pedagang pasar tetap dapat menyambung hidup dan aktivitas ekonomi tak berhenti, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Klaten membangun pasar darurat untuk pedagang Pasar Tiga Lantai.

Kepala Disdagkop UKM Klaten, Bambang Sigit Sinugroho menyebutkan bahwa pasar darurat tersebut ditargetkan selesai awal Oktober 2020.

“Pemda membuat pasar darurat yang saat ini sudah dilaksanakan (pembangunannya) di Jalan Kopral Sayom letaknya dengan pagu anggaran 2,4 miliar untuk menampung pedagang Pasar Tiga Lantai dan nanti pembangunan pasar daruratnya selesai tanggal 9 Oktober 2020” Ungkap Bambang saat dijumpai dikantornya, Selasa (15/9).

Pasar Darurat tersebut dibangun di atas lahan seluas 4000 meter persegi milik kas Desa Karanganom, Klaten Utara. Pasar darurat tersebut dinilai dapat menampung para pedagang Pasar Tiga Lantai selama pasar direhab.

Dikatakannya, letaknya pun persis di samping Jalan Kopral Sayom sehingga secara akses mudah dijangkau oleh masyarakat.

Pihaknya mengaku bahwa yang nantinya menangani rehab ini adalah satuan kerja dari Kementrian PUPR termasuk dalam tahap pelelangan.

“Kalau nanti akan dimulai dilaksanakan rehab Pasar Tiga lantai, nanti pedagang akan dipindahkan ke pasar darurat” Imbuhnya

Menanggapi hal tersebut, salah satu pedagang yang menempati kios di Pasar Tiga Lantai Klaten Ny Wartini (60). Pedagang bumbu dapur dan makanan camilan tersebut mengaku tak keberatan jika nantinya pasar tersebut hendak di rehab dan disediakan pasar darurat.

“Iya saya sudah tau kabarnya (rehab Pasar Tiga Lantai), tidak apa-apa kalau di rehab pasarnya biar makin bagus, yang penting kalau sudah selesai di rehab nanti kita bisa disini lagi” Ujarnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 36 kali

Comments are closed.