PDAM Klaten Ajak Masyarakat Rawat Sumber Air Dan Alam

Klaten – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Klaten menggelar kegiatan tanam pohon di lereng Gunung Merapi. Kegiatan tersebut dimulai dengan penanaman pohon secara seremonial di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Sabtu (10/4/2021).

Turut serta dalam kegiatan tersebut Bupati Klaten, Sri Mulyani dan jajaran Forkompimda Kabupaten Klaten. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Air Sedunia yang diperingati pada 22 Maret 2021 lalu.

“Hari Air Sedunia mengingatkan kita untuk menjadi manusia yang bijak dalam menggunakan serta memanfaatkan air dan alam,” ungkap Irawan Margono, Direktur Utama PDAM Tirta Merapi Klaten saat memberikan sambutan.

Menurutnya sebagai manusia yang memiliki tergantungan pada alam, sudah seharusnya ikut merawat dan menjaga kelestarian alam, khususnya sumber daya alam. Karena itu, sebagai perusahaan yang memanfaatkan alam, pihak menginisiasi gerakan tanam pohon di wilayah lereng Gunung Merapi.

“Total ada 650 bibit pohon yang ditanam dengan titik penanaman di Desa Tegalmulyo dan Keputran Kecamatan Kemalang, serta Desa Beking Kecamatan Jatinom,” paparnya.

Baca Juga:  Masuk Klaten, Pemudik Harus Putar Balik

Ia menambahkan bibit pohon yang ditanam selain bermanfaat menjaga kelestarian alam, juga bermanfaat bagi masyarakat di sekitar lokasi penanaman. Hal ini lantaran bibit yang ditanam merupakan tanaman budidaya, seperti kopi, kakao, kelengkeng, beringin, pinus, serta tembesi.

“Diharapkan kegiatan inu bukan hanya seremonial saja, namun secara kontinyu membangkitkan semangat dalam melestarikan alam,” katanya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Bupati Klaten, Sri Mulyani. Karenanya ia berharap gerakan ini diikuti oleh institusi lainnya, khususnya institusi negara. Hal ini lantaran kegiatan ini bukan hanya untuk pelestarian alam namun juga ikut mempromosikan wisata Kabupaten Klaten khususnya di lereng Gunung Merapi, seperti Desa Wisata Tegalmulyo dan Dukuh Wisata Girpasang.

“Harapannya semakin banyak pihak yang ikut memperhatikan alam Merapi dengan langsung datang ke lokasi seperti ini, semakin banyak masyarakat yang mengenal dan berwisata ke lereng Gunung Merapi,” ungkap Sri Mulyani.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 68 kali

Comments are closed.