Pekan Pertama Ramadan, Harga Bahan Pokok Di Klaten Stabil

Klaten – Harga sejumlah bahan pokok di wilayah Klaten terpantau stabil di pekan pertama Ramadan. Sejumlah komoditas tidak mengalami perubahan harga secara signifikan.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mengatakan harga komoditas yang menjadi konsumsi masyarakat Kabupaten Klaten, terpantau stabil.

“Kondisi harga bahan pokok di pasar tradisional di Klaten, masih stabil. Belum ada lonjakan signifikan di awal Ramadan,” ungkapnya usai inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Darurat Klaten, Jumat (16/4/2021).

Dalam kegiatan sidak tersebut juga memastikan distribusi bahan pokok ke pasar berjalan lancar. Menurutnya keberadaan stok komoditas yang cukup dinilai penting agar harga di tingkat masyarakat tetap stabil. Khusus untuk beras, stok di Klaten dipastikan hingga Juni mendatang.

“Khusus beras, kebutuhan masyarakat dipastikan aman karena Klaten mengalami surplus beras hingga 75 ribu ton. Diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Juni nanti,” paparnya.

Selanjutnya, Yoga mengatakan Pemkab Klaten menyiapkan prosedur operasi pasar apabila terjadi lonjakan harga yang signifikan di pasaran.

Baca Juga:  Tidak Ada Mudik Lokal, Warga Perbatasan Diizinkan Melintas

Di Pasar Darurat Klaten, harga beras sedikit turun dibandingkan sebelum masa panen raya. Untuk jenis C4 Super Rp 10.000/kilogram, sedangkan jenis mentik wangi rata-rata Rp 12.000 per kilogram dan bramo Rp 11.000 per kilogram.

Sementara untuk harga komoditas lain, di antaranya daging sapi Rp 120.000 per kilogram terpantau stabil sejak awal tahun 2021, daging ayam Rp 37.000 per kilogram naik dari harga Rp 34.000 per kilogram sejak beberapa pekan terakhir. Untuk harga telur ayam negeri, terpantau turun dari harga Rp 26.000 menjadi Rp 24.000 per kilogram dan gula pasir Rp 12.500 per kilogram.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 52 kali

Comments are closed.