Pelayanan Perpustakaan Klaten Ditutup Dua Pekan

KLATEN – Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten yang terletak di Jalan Lombok Nomor 1 Kanjengan, Klaten akhirnya menutup layanan kunjungan perpustakaan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Penutupan ini berlaku sepekan dari tanggal 16-29 Maret 2020, tidak lama setelah Pemerintah Kabupaten mengumumkan waspada Covid-19.
Lingkungan Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten yang biasanya ramai pengunjung dan anak – anak tampak sepi. Yang terlihat adalah mobol keliling yang dijemur dengan pintu mobil terbuka. Aksesoris ruang baca seperti bantal dan karpet pun dijemur di halaman. Hal ini dilakukan agar kuman atau virus yang menempel biar mati oleh sinar matahari yang pagi itu bersinar cerah.
“Langkah ini adalah inisiatif sendiri dan wujud kewaspadaan saja. Tadi saya perintahkan kepada petugas agar AC dimatikan dan pintu jendela dibuka lebar agar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Hal ini akan kita lakukan sampai dua pekan ke depan” jelas Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna saat diwawancara (Selasa, 17/03/20).
Ditanya terkait antisipasi lainnya Syahruna menambahkan bagi pegawai Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten sebelum masuk ruang kerja harus cuci tangan dulu. Selain itu bagi pengunjung nantinya oleh petugas akan disiapkan padasan atau tampungan air. Diharapkan setelah nanti layanan perpustakaan dibuka, pengunjung membiasakan cuci tangan.
Sedangkan kaitannya dengan akses baca masyarakat Syahruna menyarankan masyarakat bisa mengakses layanan perpustakaan digital.
“Bagi masyarakat yang ingin membaca buku tapi tidak haarus berkunjung ke perpustakaan Klaten, cukup unduh di playstore aplikasi I-Klaten. Buku-buku baru versi digital sudah disiapkan agar masyarakat lebih mudah membaca buku koleksi pemerintah” tegasnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

Arpus tutup pelayanan (3)
Arpus tutup pelayanan (2)

telah dibaca: 83 kali

Comments are closed.