Pemerintah Meluncurkan OSS Berbasis Risiko Demi Permudah Izin Usaha

KLATEN- Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Investasi dan Menteri Keuangan, meluncurkan Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko Senin pagi (09/08/2021) secara virtual diikuti Kepala Daerah di seluruh Indonesia termasuk Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Klaten.

“Hari ini kita meluncurkan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Ini merupakan reformasi yang sangat singnifikan adalah perizinan menggunakan layanan perizinan secara online yang terintegrasi, terpadu dengan paradigma berbasis risiko” ungkapnya

Presiden Jokowi menjelaskan jenis perizinan akan disesuaikan dengan tingkat risikonya. Perizinan antara UMKM dengan usaha besar tidak sama. Risiko tinggi perizinan bursa berupa izin risiko menengah, perizinan perusahaan berupa sertifikat standar dan risiko rendah perizinan bursa cukup berupa pendaftaraan atau nomor induk bursa dari OSS. Hal ini akan membuat iklim kemudahan bursa di Indonesia semakin baik ditambah para kepala daerah disiplin mengikuti kemudahan dalam OSS.

“Saya akan cek langsung, saya akan awasi langsung implementasi dilapangan seperti apa. Apakah persyarakat semakin mudah, apakah jumlah izin semakin berkurang apakah prosesnya semakin sederhana, apakah bianya semakin efisien, apakah standarnya sama di seluruh Indonesia dan apakah layanannya semakin cepat. Ini yang saya akan ikuti” ujarnya

Baca Juga:  Wankes Kecamatan Dilantik, Wabup : Jaring Potensi Seni di Desa

Jokowi berharap jika bisa dilaksanakan, maka investasi skala mikro, skala kecil atau skala menengah, akan meningkat di Indonesia.

Jokowi juga menekankan bahwa layananan OSS berbasis risiko tidak untuk mengebiri kewenangan daerah tapi justru akan memberikan standar layanan bagi semua tingkatan pemerintah yang mengeluarkan izin baik dilevel pusat maupun dilevel daerah. Agar tanggung jawabnya semakin jelas dan layanannya makin sinergis.

Presiden juga sudah menampung aspirasi pelaku usaha yang keinginannnya sama ingin mendapatkan layanan yang mudah, cepat dan tidak berbelit.

“Jika sudah terpenuhi, saya yakin ini bisa berikan dampak yang signifikan bagi pergerakan ekonomi nasional maupun di daerah, yakinkan pada pengusaha dan para investor dalam maupun luar negeri, kepaada umkm maupun pengusaha besar agar memanfaatkan layanan yang super mudah ini dengan sebaik-baiknya. Agar meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas luasnya” pungkasnya

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 241 kali

Comments are closed.