Pemkab Klaten Dukung Dr.R.Soeharto Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

KLATEN- Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Bupati Klaten, Sri Mulyani mendukung Dr. R. Soeharto asal Tegalgondo Kabupaten Klaten diusulkan atau bergelar sebagai pahlawan nasional. Dukungan pemerintah Kabupaten Klaten tersebut terlihat dalam acara seminar pengusulan gelar pahlawan nasional pada Rabu (22/12/2021) di Pendopo Kabupaten Klaten.

Dihadiri oleh perwakilan Dirjen Pemberdayaan Sosial RI, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Keluarga besar Dr.R.Soeharto, Ahli sejarah UGM, Forkopimda, DPRD Kab Klaten, Camat Wonosari, narasumber seminar dan lainnya. Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa Dr.R. Soeharto lahir di Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

“Tegalgondo masih bagian dari Kabupaten Klaten mboten (bukan) bagian dari Surakarta,” ujarnya.

Ia juga menceritakan perjuangan Dr. R. Soeharto sesuai dengan naskah akademik yang disusun oleh Departemen Sejarah, Universitas Gadjah Mada. Dr.R. Soeharto lahir 1908 di Kabupaten Klaten, sejak tahun 1937 hingga tahun 1942, Dr. R. Soeharto menjalankan praktek kedokteran keluarga serta mendirikan mengelola klinik bersalin kecil di Keramat 126.

Bupati juga menjelaskan selama perjuangan beliau menjadi dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta. Serta berperan aktif dalam perjuangan meraih kemerdekaan Republik Indonesia, pada tahun 1946 Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta selaku presiden dan wakil presiden Indonesia untuk berpindah ke Yogyakarta disana beliau diangkat menjadi Kepala Administrasi Militer Pusat (AMP) Kementerian Pertahanan RI di Yogyakarta serta merangkap sebagai dokter pribadi bapak presiden saat itu (Soekarno-Hatta) dengan pangkat Mayor Jenderal.

Baca Juga:  Jalan Bhali Jadi Pilihan Tempat Kulineran Baru di Klaten

Saat era demokrasi terpimpin, beliau beberapa kali menjabat menjadi menteri, antara lain menjadi menteri muda atau perindustrian rakyat, menteri perdagangan, menteri urusan perencanaan pembangunan nasional, dan menteri koordinator urusan perencaan pembangunan nasional selain itu aktif dalam kepemerintahan dan beliau juga aktif dalam berorganisasi. Dr.R. Soeharto juga merupakan orang yang memperkarsai berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI).

“Terlebih sudah banyak jasa dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh beliau dalam perjuangan Indonesia, maka pantas kiranya bapak ibu semuanya. Apabila beliau diusulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional,” ungkapnya.

Ia juga dengan jelas menyebutkan hal ini keluarga, masyarakat kabupaten Klaten turut bangga dan bersyukur dan bahagia karena ada pahlawan nasional yang merupakan putera asli daerah Kabupaten Klaten.

“Kami sangat mendukung dan sangat bangga atas pengusulan tentunya Dr. Soeharto untuk menjadi pahlawan nasional. Sebisa dan semampu kami juga ikut memperjuangkan dan membantu pengusulan Dr.R. Soeharto segera diakui oleh negara dan segera pengusulan ini diberikan gelar pahlawan nasional,” pungkasnya

Baca Juga:  Membuka Sosialisasi Pancasila, Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Nilai-Nilai Pancasila

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 145 kali

Comments are closed.