Pemkab Klaten Gelar Penyemprotan Massal Eco Enzyme

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar penyemprotan eco enzyme secara massal di Alun Alun Klaten, Jumat (7/1/2022). Kegiatan serupa turut digelar di masing-masing wilayah kecamatan se-Kabupaten Klaten.

Kegiatan ini digelar sebagai langkah meningkatkan kualitas udara dan memperbaiki lapisan ozon. Penyemprotan tersebut juga menjadi kampanye penggunaan cairan eco enzyme sebagai cairan organik ramah lingkungan dan multiguna. Penggunaan cairan tersebut diinisiasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten.

“Eco enzyme mudah dibuat secara mandiri dan ramah lingkungan. Cairan ini multiguna sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan,” papar Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto.

Ia menjelaskan paling umum eco enzyme dimanfaatkan sebagai disinfektan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19. Namun selain itu, penggunaan eco enzyme dinilai dapat menyelamatkan lingkungan karena memperbaiki kualitas udara, air, bahkan memperbaiki lapisan ozon.

“Kegiatan ini juga sebagai pengurangan resiko bencana, khususnya bencana lingkungan dan iklim. Karena penggunaan eco enzyme secara massif dapat memperbaiki lapisan ozon, sehingga mencegah pemanasan global,” katanya menjelaskan.

Baca Juga:  Puan Maharani Resmikan Jembatan Gantung Girpasang

Kegiatan ini melibatkan unsur pemerintah yakni OPD se-Kabupaten Klaten, jajaran Kodim 0723/Klaten, jajaran Polres Klaten, komunitas relawan, perusahaan swasta, hingga masyarakat di tingkat RT/RW.

Penyemprotan tersebut dibuka dan diawali oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Klaten dengan melakukan penyemprotan di kawasan Alun Alun Klaten. Kegitan tersebut lantas diikuti oleh peserta di masing-masing wilayah kecamatan yang mengikuti kegiatan tersebut melalui siaran daring kanal Youtube Diskominfo Klaten.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang turut mengikuti penyemprotan eco enzyme secara serentak. Dengan kegiatan ini, masyarakat Klaten semakin mengenal manfaat eco enzyme, yang ke depannya diharapkan masyarakat dapat beralih menggunakan disinfektan ramah lingkungan ini.

“Kegiatan ini bukanlah seremonial belaka akan tetapi momentum ini penting dalam bersatunya masyarakat dengan pemerintah dan satgas pencegahan covid-19 secara kompak dalam menciptakan klaten yang sehat, klaten yang bersih, dan tentunya klaten yang tuntas dari covid-19 seperti harapan kita bersama,” paparnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Baca Juga:  RKPD 2023 Difokuskan Untuk Penurunan Angka Kemiskinan

telah dibaca: 102 kali

Comments are closed.