Pemkab Klaten Persiapkan Penarikan PNS oleh Provinsi dan Pemerintah Pusat

HUT KORPRI

Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten sedang mempersiapkan penarikan pegawai negeri oleh  provinsi dan pemerintah pusat. Hal itu sesuai dengan undang-undang 23/2014 tentang pemerintahan daerah.

Dikatakan Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi, ada beberapa instansi yang akan ditarik kewenangan pegawainya oleh pemerintah tingkat I atau pusat. Diantaranya, Kesbangpol, Dinas Perhubungan (UPTD Terminal) yang akan ditarik oleh pusat. Sementara itu untuk penyuluh perikanan, kehutanan dan pendidikan dan PPKB akan diambil alih oleh Pemrov Jateng.

“Itu kan sesuai dengan UU 23/2014 tentang pemerintahan daerah, ada beberapa perubahan dalam hal ini Kesbangpol masih diberikan kesempatan untuk memilih mau menjadi pegawai kabupaten atau pusat, sampai dengan 31 Desember 2016 nanti,” ucapnya kemarin. Ia mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah melakukan pendataan bagi pegawai pendidikan yang nantinya akan ditarik oleh pemprov.

Jika sesuai proses yang ada, maka akan selesai pada akhir April 2016. Namun demikian, untuk hal tersebut masih diberi kesempatan hingga bulan Oktober nanti. Menurutnya, untuk tingkat pendidikan pengambilalihan pegawai telah dilaksanakan pada jenjang Sekolah Luar Biasa (SLB). Untuk selanjutnya giliran jenjang SMA/SMK yang akan ditarik oleh Pemprov Jateng.

Sumber

telah dibaca: 322 kali

Comments are closed.