Pemkab Klaten Salurkan Bantuan Untuk Warga Kabupaten Lebak

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyalurkan bantuan sebesar Rp 519 juta kepada masyarakat Kabupaten Lebak, Banten yang terdampak bencana. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak saat kunjungan kerja di Ruang Rapat Utama Gedung Setda Klaten, Kamis (18/11/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sip Anwar menyampaikan sesuai dengan UU No.24 Tahun 2007 tentang penanganan bencana, bencana merupakan tanggung jawab bersama, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Menyikapi hal tersebut, ASN dan masyarakat Kabupaten Klaten ikut berpartisipasi dalam membantu penanganan bencana di Lebak, Banten dengan mengumpulkan dana hingga terkumpul senilai Rp 519 juta.

“Dana tersebut telah dibelanjakan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat terdampak bencana di Lebak, Banten dan siap untuk didistribusikan,” ungkapnya.

Kabupaten Lebak Banten merupakan daerah rawan bencana, baik itu bencana non alam maupun bencana alam seperti kasus Covid-19 yang tinggi, banjir, banjir bandang, angin puting beliung dan tanah longsor. Sebanyak 219 KK harus diungsikan di tempat pengungsian (huntara) akibat adanya banjir bandang dan tanah longsor.

Baca Juga:  MTQ Klaten Bakal Digelar Maret 2022, Peserta Bisa Mendaftar di KUA Terdekat

Simbolisasi bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan bantuan yang diserahkan merupakan wujud perhatian masyarakat Kabupaten Klaten kepada sesama yang tengah mengalami bencana. Ia berharap dengan bantuan yang dikirim oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Klaten dapat meringankan beban masyarakat terdampak bencana di Lebak, Banten. Adapun bantuan yang dikirim berupa peralatan rumah tangga sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat Lebak, Banten.

“Penyerahan resmi memang agak terlambat karena terkendala aturan pembatasan selama pandemi Covid-19, sehingga baru bisa diserahkan sekarang. Dengan kondisi saat ini, kita harus saling gotong royong,” papar Bupati.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Lebak, Alkadri mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Klaten. Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat terdampak bencana di Lebak. Bencana alam yang melanda Lebak terjadi pada Januari, 2020 lalu.

“Ini merupakan bantuan resmi dari pemerintah daerah yang kami terima. Sebelumnya bantuan yang diterima berasal dari perorangan dan kelompok. Tentu bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Terbaik Kedua Penghargaan Pendukung Program KUR 2021

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 70 kali

Comments are closed.