Pemkab Klaten Santuni 912 Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyalurkan bantuan kepada 912 anak yatim, piatu, dan yatim piatu akibat pandemi Covid-19. Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tersebut diserahkan oleh Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Pimpinan Bank Jateng dan PLH Sekda Kabupaten Klaten pada Jumat (24/12/2021) secara simbolik di Pendopo Kabupaten Klaten dan diikuti oleh seluruh Kecamatan melalui virtual.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) diberikan untuk anak-anak yang ditinggal orangtuanya akibat terpapar Covid-19 yang berusia dibawah 18 tahun. Ia menjelaskan bahwa 912 anak yang mendapatkan bantuan tersebar di 26 kecamatan se-Kabupaten Klaten dengan total anggaran sebesar Rp 1.162.800.000 dan setiap anak menerima sejumlah Rp 1.275.000 melalui Bank Jateng. Selain itu sebagai wujud perhatian dan keprihatinan dari Pemkab Klaten kepada anak-anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19.

“Jadi bantuan yang kami berikan ini harapan kami cukup besar, anak-anak tetap menjadi anak yang hebat, anak yang rajin untuk belajar, anak yang tentunya tetap sholeh dan sholehah, taat kepada agama, anak-anak yang tentunya menjadi kebanggaan kedua orangtua dan tentunya kebanggaan Kabupaten Klaten dan Indonesia Raya,” papar Bupati.

Kepala DISSOSP3AKB Klaten, Much. Nasir menyampaikan tujuan dari pemberian bantuan adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar minimal bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu akibat Covid-19. Selain itu juga dapat mengurangi risiko kerentanan sosial akibat tidak menerima pengasuhan dari salah satu atau kedua orangtua.

Baca Juga:  PS ASN Juarai Turnamen Sepak Bola Hari Jadi 218 Klaten

Ia juga menyebutkan bantuan berasal dari Belanja Tidak Terduga Kabupaten Klaten 2021 dan DISSOSP3AKB Klaten sudah melakukan assesmen dan pendampingan kepada seluruh anak yang ditinggal orangtuanya meninggal karena covid-19 diseluruh kecamatan pada tanggal 1-21 Desember tahun 2021.

“Mekanisme bantuan diberikan melalui virtual account Bank Jateng, yang pada hari ini juga langsung bisa diambil melalui mobil layanan. Yang kedua proses pencairan ini dapat dicairkan di seluruh kantor cabang Bank Jateng yang ada di Kabupaten Klaten,” pungkasnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 90 kali

Comments are closed.