Pemkab Klaten Serahkan Bantuan BLT DBHCHT

KLATEN – Kegiatan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada 4150 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok Kabupaten Klaten Tahun Anggaran 2022 diselenggarakan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten, Kamis (10/11/2022). Turut dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas Sosial, Kepala OPD, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISSOSP3APPKB), Muh. Nasir menjelaskan maksud pelaksanaan kegiatan adalah untuk mengurangi beban buruh tani dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten.

“Maksud pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengurangi beban buruh tani dan/atau buruh rokok di Kabupaten Klaten dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari akibat penurunan penghasilan akibat menurunnya aktivitas pertembakauan melalui penyaluran BLT DBHCHT,” jelasnya.

Ia berharap BLT DBHCHT yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat terutama pada buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau yang ada di Kabupaten Klaten.

“Besar bantuan yang diberikan kepada setiap penerima BLT DBHCHT adalah Rp300.000/bulan selama 4 bulan dilaksanakan pada 1 tahap penyaluran yang terhitung mulai bulan Mei sampai dengan Agustus,”paparnya.

Baca Juga:  Relawan Damkar “Redkar” Klaten, Resmi Dikukuhkan

Sementara itu Bupati Klaten, Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan Pandemi COVID19 sudah sangat berdampak pada menurunnya laju ekonomi dan sosial sektor tembakau.

“Pada masa pandemi COVID19 harga tembakau mengalami penurunan kebijakan PPKM yang dilakukan pemerintah pada COVID19 menyebabkan pabrik rokok mengurangi aktivitas produksinya sehingga permintaan tembakau menurun dan berpengaruh pada harga tembakau yang mengalami penurunan. Harga tembakau yang menurun tersebut berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh petani tembakau pada saat panen sehingga pendapatan yang menurun tentu saja berdampak pada kesejahteraan para petani,” paparnya.

Bupati menjelaskan guna mengantisipasi dampak yang ditimbulkan tersebut diserahkan bantuan BLT DBHCHT kepada 4150 orang.

“Untuk itu guna mengantisipasi dampak yang ditimbulkan tersebut dalam rangka menjalankan amanat peraturan Menteri Keuangan pada hari ini saya selaku kepala daerah telah menyerahkan BLT DBHCHT dengan total anggaran sebesar Rp5.074.457.400 yang disalurkan kepada 4150 orang penerima BLT DBHCHT untuk Tahun Anggaran 2022,” jelasnya.

Bupati berpesan agar bantuan yang diberikan dapat digunakan seefektif dan seefisien mungkin untuk membantu kebutuhan penerima BLT DBHCHT.

Baca Juga:  Diskominfo Klaten Gelar Pesta Rakyat Gempur Rokok Ilegal

“Penyerahan BLT DBHCHT pada hari ini merupakan wujud apresiasi dan perhatian besar dari Pemerintahan Kabupaten Klaten kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten, untuk itu kepada warga penerima BLT DBHCHT saya berpesan agar tidak hanya dilihat dari segi jumlahnya pergunakan uang yang telah diberikan dengan seefektif mungkin dan seefisien mungkin guna membantu kebutuhan bapak ibu sehari-hari,” ungkapnya. (nin-ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 274 kali

Comments are closed.