Pemulihan Dampak Pandemi Jadi Prioritas APBD Perubahan 2021

KLATEN – Meski kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Klaten melandai, namun penanganan dampak pandemi masih jadi fokus Pemkab Klaten. Hal ini tertuang dalam jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi DPRD Klaten terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021.

Dalam jawaban Bupati Klaten yang dibacakan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya pada rapat paripurna Senin (23/9/2021), disampaikan bahwa sesuai instruksi pusat perlu dilakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 di daerah. Kendati demikian, kegiatan fisik tetap dilaksanakan namun melihat skala prioritas.

“Meskipun kasus sudah landai, namun daerah harus siap melakukan penanganan bila terjadi lonjakan lagi,” ungkapnya ditemui Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten usia rapat.

Adapun anggaran penanganan Covid-19 difokuskan pada pemulihan dampak pandemi, khususnya ekonomi masyarakat. Menurut Wabup, penurunan kasus penyebaran Covid-19 hingga perubahan status Kabupaten Klaten menjadi daerah level 3, membawa tren positif pada geliat ekonomi masyarakat.

“(Ekonomi masyarakat) sudah mulai bangkit, namun kondisinya belum pulih sepenuhnya. Karenanya Pemkab Klaten masih memfokuskan anggaran untuk penanganan Covid-19. Selain untuk menekan kasus, juga memberikan pemihakan kepada masyarakat untuk memulihkan dampak pandemi seperti dengan dana bantuan bagi masyarakat terdampak,” paparnya.

Baca Juga:  Cukup 5 Ribu Saja, Semangkuk Jenang Gempol Bu Kiryanti Pandanrejo Siap Disantap

Yoga menambahkan walaupun penangan pandemi Covid-19 menjadi fokus, di sisi lain Pemkab Klaten memiliki kewajiban untuk memastikan pembangunan di Klaten tetap berjalan. Karenanya kegiatan fisik yang memiliki urgensi cukup besar dan berkaitan dengan pelayanan bagi masyarakat tetap dianggarkan. Terlebih beberapa kegiatan fisik sudah menjadi rencana dalam APBD 2021 dan sudah dilelangkan.

“Untuk kegiatan pembangunan yang sudah dilelangkan, pemerintah memiliki kewajiban untuk melaksanakan. Apalagi yang berhubungan dengan pelayan publik seperti Mall Pelayanan Publik dan Gedung kantor BPBD Klaten,” katanya.

Usai penyampaian jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi, rapat pembahasan Raperda APBD Perubahan 2021 akan masuk pada agenda final di pekan depan.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 149 kali

Comments are closed.