Perayaan Tahun Tahun Baru di Alun-Alun Klaten untuk Galang Dana Korban Tsunami

Perayaan malam pergantian tahun 2018 menuju tahun 2019 di Kabupaten Klaten ada yang berbeda dari tahun lalu. Karena malam tahun baru yang biasanya diwarnai dengan pesta kembang itu diganti dengan aksi solidaritas penggalangan dana dan doa bersama untuk korban tsunami yang terjadi di Selat Sunda.

Perayaan menyambut tahun baru 2019 di Kabupaten Klaten dipusatkan di Alun-Alun Klaten pada Senin malam, 31 Desember 2018. Ribuan warga nampak memadati kawasan alun-alun hingga sepanjang Jalan Pemuda. Berbagai pesta hiburan disajikan untuk masyarakat sejak Senin sore.


Hanya saja dari serangkaian pesta hiburan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten tidak memeriahkannya dengan pesta kembang api pada puncak pergantian tahun pukul 00.00 WIB. Melainkan diwarnai dengan aksi galang dana dan doa bersama untuk membantu korban tsunami.


Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Klaten, Kostrad Budi Nugroho mengatakan, sesuai himbauan, malam pergantian tahun tidak dilakukan secara berlebihan. Karena Indonesia sedang berduka, maka tidak ada pesta kembang api, melainkan diisi dengan penggalangan dana dan doa untuk korban tsunami di Banten dan Lampung.


Penggalangan dana dilakukan oleh panitia perayaan yang melibatkan personil ORARI dan Pramuka. Satu per satu mereka turun ke jalan sembari membawa kardus. Bagi warga yang menyisihkan sebagai rezekinya, mereka diberi lilin untuk dinyalakan secara serentak pada puncak pergantian tahun.


Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi mengaku dari hasil galang dana malam ini diperoleh uang tunai senilai Rp 12.015.300. Dana tersebut akan disalurkan oleh Pemkab Klaten secara bersamaan kepada korban bencana tsunami di Banten dan Lampung.
Menurut Jaka, aksi solidaritas ini merupakan wujud kepedulian warga Klaten terhadap korban bencana. Sebab, Klaten juga pernah mengalami duka mendalam akibat bencana gempa bumi yang terjadi pada tahun 2006. Kala itu, banyak warga dari luar daerah juga menyalurkan bantuan.


Dia berharap, pada moment pergantian tahun ini bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Klaten dijauhkan dari marabahaya. Pihaknya juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap mendukung pembangunan yang ada di Klaten guna kemajuan di tahun 2019 sehingga masyarakat Klaten lebih sejahtera.

(Bagian Humas)


telah dibaca: 77 kali

Comments are closed.