Perbaiki Kerusakan Arsip Masyarakat, Dispersip Klaten Luncurkan Inovasi Pear Manis

KLATEN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Klaten aktif menggulirkan program inovasi baru. Salah satu inovasi paling anyar adalah program Perbaikan Arsip Masyarakat dan Instansi yang disingkat Pear Manis.

Kepala Dispersip Klaten Syahruna saat dikonfirmasi (Kamis, 13/01) menjelaskan inovasi Pear Manis bertujuan untuk upaya perlindungan dan penyelamatan arsip masyarakat dan pemerintah, terutama arsip yang rusak.

“Pear Manis ini adalah inovasi terakhir kami di tahun 2021. Dasarnya adalah Peraturan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Nomor 77 Tahun 2021. Kami memperkenalkan layanan ini ke publik berbarengan pelaksanaan bintek Srikandi 3 November 2021 kerja sama Pemkab Klaten dengan ANRI. Tujuannya adalah untuk penyelamatan dan perlindungan arsip vital, arsip terjaga dan arsip statis milik warga masyarakat dan instansi” kata Syahruna.

Terkait mekanisme akses pelayanan, Syahruna mengarahkan agar pemohon mengirimkan data arsip yang akan diperbaiki melalui email. Dari informasi email ini nanti petugas akan mempelajari perlu tidaknya tindak-lanjut.

“Nanti pemohon cukup mengirimkan data melalui email di alamat arsipusklaten@gmail.com. Nanti petugas akan mempelajari dan menindaklanjuti. Yang penting pemohon sudah memahami jenis arsip yang akan diperbaiki” terangnya.

Baca Juga:  MTQ Klaten Bakal Digelar Maret 2022, Peserta Bisa Mendaftar di KUA Terdekat

Terkait kerusakan arsip yang bisa dilayani melalui inovasi Pear Manis harus memenuhi beberapa kategori atau materi yang yang akan diperbaiki sesuai Peraturan Kepala Dispersip.

“Petugas akan melihat kerusakan arsip yang diajukan pemohon sesuai aturan yang ada. Hati – hati jika kondisi arsip tintanya luntur, tulisan atau informasi arsip rontok atau fisik rusak dan hancur tidak bisa kami layani atau ditolak. Selain hal tersebut, bisa kami terima. Ini penting diketahui sehingga pemohon tidak bolak-balik. Kami masih membatasi lima berkas tiap permohonan” jelasnya.

Sedangkan untuk kriteria kerusakan dan jenis arsip yang bisa dilayani melalui inovasi Pear Manis, ditambahkan Syahruna menjelaskan ada tiga jenis.

Yakni arsip vital adalah arsip yang keberadaannya menjadi persyaratan dasar kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui dan tidak tergantikan jika rusak atau hilang.

Arsip terjaga yakni arsip negara yang berkaitan keberadaan dan keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, keamanan dan keselamatannya.

Sedangkan Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan pencipta arsip yang bernilai guna kesejarahan telah habis masa retensi dan berketerangan dipermanenkan oleh yang telah diverifikasi langsung atau tidak langsung oleh lembaga kearsipan.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Terbaik Kedua Penghargaan Pendukung Program KUR 2021

Layanan perbaikan arsip dalam Pear Manis ini, arsip oleh petugas akan diperlakukan khusus. Misalnya membersihkan berkas dari kotoran, jamur atau sumber perusak lainnya, penurunan kadar keasaman kertas dan pemberian plastik pengaman.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 82 kali

Comments are closed.