Percepat Tangani Kebakaran, Klaten Luncurkan Smart Damkar

KLATEN- Bupati Klaten resmi meluncurkan aplikasi layanan Smart Damkar dan Emergency Call (panggilan darurat) berbasis WhatsApp milik Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar), guna mempermudah masyarakat melaporkan secara real time kejadian kebakaran di Kabupaten Klaten. Acara tersebut bersamaan dengan pengukuhan Relawan Damkar (Redkar) yang dihadiri Bupati Klaten, Sekda Kabupaten Klaten, Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan, Senin (28/11/2022) di Pendopo Setda Klaten.

Smart Damkar bisa di unduh bagi masyarakat pengguna android melalui bit.ly/Smart_DamkarKlaten, masyarakat bisa login menggunakan email, melakukan pelaporan dengan memilih jenis kejadian dan disertakan alamat kejadian secara real time dan melampirkan foto kejadian. Selanjutnya Satpol PP Damkar juga menyediakan panggilan darurat melalui WhatsApp dengan nomor layanan 085860000113.

“Saya mengapresiasi adanya inovasi yang dilakukan oleh Satpol PP dan Damkar Kabupaten Klaten dengan layanan pelaporan aplikasi Smart Damkar. Tentunya semakin mudah diakses oleh masyarakat, dimanapun dan kapanpun. Serta layanan panggilan berbasis WhatsApp yang dilakukan peluncuran hari ini,” jelas Bupati Klaten.

Sri Mulyani juga meminta bahwa Redkar harus siap siaga selama 24 jam dalam melayani masyarakat dengan baik tanpa membedakan status dan harus selalu menjadi garda terdepan.

Baca Juga:  Vaksinasi Booster Kedua Digelar, Bupati : Jaga Kesehatan, Tetap Waspada

“Jadi petugasnya harus benar-benar yang handal, cakap menerima telepon dari aduan masyarakat,” tambahnya.

Kepala Satpol PP dan Damkar, Joko Hendrawan menyampaikan dengan mengingat response time pelayanan pemadaman api adalah 15 menit, maka Satpol PP dan Damkar Klaten meluncurkan aplikasi Smart Damkar dan Emergency Call guna memberikan akses kepada masyarakat.

Ia memapaparkan selain memadamkan api, amanah dan semagat kemanusiaan untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat juga melaksanakan kegiatan lain seperti pemberdayaan masyarakat dalam pekerjaan kebakaran, kegiatan penyelamatan, ketertiban umum, dan lainnya.
Terakhir, Bupati Klaten didampingi Kepala Satpol PP Klaten secara simbolik memukul gong serta penayangan video sebagai tanda peluncuran aplikasi layanan Smart Damkar dan Emergency Call.

Penulis : ttr-kominfo/klt
Editor : Pin

telah dibaca: 74 kali

Comments are closed.