Pererat Silaturahmi, Dinkes Gelar Halal Bihalal

KLATEN – Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten menggelar halal bihalal di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Senin (6/5/2024). Kegiatan dengan tema “meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong menuju Klaten yang maju, mandiri dan sejatera” tersebut turut dihadiri Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan Halal Bi Halal Idul Fitri merupakan salah satu bentuk perayaan keagamaan yang lahir dari tradisi luhur budaya bangsa Indonesia yang bernilai positif. Ia mengungkapkan Halal Bi Halal juga menjadi upaya bersama untuk mewujudkan kemaslahatan bersama, dengan merajut ukhuwah, kebersamaan, dan kekeluargaan, sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan bagi daerah dan bangsa.

“Halal bi halal ini merupakan kegiatan positif. Halal Bihalal menjadi pelengkap untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kita, terutama salah dan khilaf kepada sesama. Oleh karena itu, marilah kitamaknai Halal Bi Halal ini bukan hanya sebagai acara seremonial saja, namun pada hakikat penting yang terkandung dalam Halal Bi Halal, yakni untuk saling memaafkan setulus hati dan berlapang dada menerima semua keberagamandan perbedaan, membangun kebersamaan dalam keberagaman, sebagai wujud syukur atas rahmat perbedaan dan keberagaman yang Allah SWT karuniakan,” tuturnya.

Baca Juga:  Temui Puput TKW yang Kritis di Dubai, Bupati Klaten Beri Bantuan Rp 10 Juta

Sri Mulyani menambahkan saat ini kasus demam berdarah sedang banyak menjangkit masyarakat Kabupaten Klaten. Oleh karena itu, ia meminta pelayanan kesehatan di Kabupaten Klaten dimaksimalkan serta masyarakat juga harus menjaga kebersihan lingkungannya.

“Saat ini kasus demam berdarah khususnya di Kabupaten Klaten kian meningkat. Harapannya kasus dbd ini bisa ditekan sehingga tidak lagi menimbulkan korban jiwa. Saya pesan, maksimalkan pelayanan kesehatan dan jaga kebersihan lingkungan masing-masing. Untuk para tenaga kesehatan, semoga senantiasa sehat, berikan pelayanan terbaik, karena kalian ada garda terdepan dalam pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten juga menyerahkan tali asih secara simbolis kepada para petugas kebersihan dan penjaga malam di lingkup Pemerintah Kabupaten Klaten.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Asisten Setda Kabupaten Klaten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Direktur Rumah Sakit se Klaten, Kepala Puskesmas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain sebagainya. (dok/Prokopim-klt)

telah dibaca: 52 kali

Comments are closed.