Peringatan HAU dan HDI: Dissosp3appkb Luncurkan Layanan Online Katca Ketawa

KLATEN- Peringatan Hari Anak Universal (HAU) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dissosp3appkb) Kabupaten Klaten meluncurkan layanan online Korban Kekerasan Perempuan dan Anak (Katca Ketawa), Kamis (24/11/2022) di Gedung RSPD Klaten.

Kesempatan tersebut, Wakil Bupati Klaten secara simbolik memukul gong guna sebagai tanda peluncuran Layanan Online Katca Ketawa. Turut hadir dan disaksikan oleh Ketua TP PKK Klaten, Ketua DWP Klaten, Kepala Dissosp3appkb Klaten, Perwakilan Dissosp3appkb Jateng, Pelajar SD, SMP se- Kabupaten Klaten, dan tamu undangan lainnya.

Layanan Katcha Ketawa tersebut dapat diakses secara mudah oleh korban kekerasan dengan melapor melalui s.id/KatcaJiwaUntukmu_pppaklaten atau menghubungi nomor 085713455662.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya menjelaskan bahwa masa depan bangsa sangat ditentukan oleh kualitas kehidupan anak serta seluruh komponen bangsa harus melaksanakan tanggung jawab dan kewajibannya untuk memenuhi hak-hak anak.

“Peringatan Hari Anak Universal memberi inspirasi untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan , serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Sedangkan Hari Disabilitas Internasional diperingati untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas,” paparnya

Baca Juga:  Nabila Maharani dan Woro Widowati Ramaikan Pesta Rakyat Gempur Rokok Ilegal

Ia mengatakan peringatan Hari Anak Universal (HAU) Tahun 2022 berkolaborasi dengan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) yang memprakarsai tema Hari Anak Universal (HAU) tahun 2022 adalah “Inclusion For Every Child”.

“Tema ini dipilih sebagaimana anak-anak akan memperjuangkan dunia yang lebih setara dan inklusif. Sampaikan suara kalian mengenai isu-isu penting bagi generasi mereka kepada orang dewasa guna menciptakan masa depan yang lebih baik,” katanya.

Ia juga berpesan kepada anak-anak generasi bangsa agar terus semangat belajar, rajin beribadah, hidup rukun bersama dengan teman-teman semuanya, serta senantiasa hormat dan taat kepada orang tua dan guru.

“Teruslah berprestasi dan berkreasi, agar kalian menjadi generasi unggul di masa depan. Dan untuk anak-anakku disabilitas kalian sungguh luar biasa, hebat, terus semangat,karena dibalik kekuranganmu Allah telah berikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, perkuatlah rasa percaya diri, wujudkan mimpi dan cita – cita kalian. Jadikanlah peringatan ini sebagai penanda Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:  Percepat Tangani Kebakaran, Klaten Luncurkan Smart Damkar

Sementara, Kepala Dissosp3appkb Much Nasir menyampaikan tujuan acara tersebut sebagai bentuk hormat perlindungan dan keamanan anak sebagai generasi penerus bangsa, memberikan dukungan dan perhatian kepada perlindungan dan keutuhan hak-hak penyandang disabilitas, memberikan pemahaman bahwa anak perlu generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

“Tentunya kita harus memiliki bekal bagian kecerdasan, keterampilan jiwa dan semangat kebangsaan serta sehat jasmani dan rohani, mendorong terwujudnya kabupaten layak anak, serta menurunkan Kekerasan terhadap anak,” paparnya.

Ia menambahkan rangkaian peringatan HAU dan HDI tingkat Kabupaten Klaten berupa kampanye anti kekerasan perempuan dan anak di Car Free Day (CFD) pada 27 November 2022, Pencanangan 13 Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Pencanangan program layanan untuk pelindungan perempuan dan kekerasan terhadap anak berbasis online “Angkat Bicara Untuk Kesehatan Jiwa (Katca Ketawa), sosialisasi-sosialisasi peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor dalam pengembangan pusat kreatifitas anak.

Selanjutnya, Wakil Bupati Klaten beserta Kepala Dissosp3appkb mencanangkan 13 Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) yang ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh perwakilan desa masing-masing diantaranya ; Desa Balak Kecamatan Cawas, Desa Kranggan Kecamatan Polanharjo, Desa Janti Kecamatan Polanharjo, Desa Sidowayah Kecamatan Polanharjo, Desa Soka Kecamatan Karangdowo, Desa Karangtalun Kecamatan Karangdowo, Desa Munggung Kecamatan Karangdowo, Desa Sorogaten Kecamatan Tulung, Desa Kalikotes Kecamatan Kalikotes, Desa Sengon Kecamatan Prambanan, Desa Kajoran Kecamatan Klaten Selatan, Desa Tegalyoso Kecamatan Klaten Selatan, dan Desa Danguran Kecamatan Klaten Selatan.

Baca Juga:  Larwasda Tahun 2022 : Bupati Klaten Minta Seluruh OPD Wajib Berinovasi

Terakhir, acara hiburan yang mana menampilkan kreatifitas pelajar di Klaten seperti Drama Musikal, Tarian, Vocal Tunggal, Pantomim, Dongeng, dan lainnya.

(ttr-sn/kominfo-klt)

telah dibaca: 39 kali

Comments are closed.