Peringatan Otda Ke-26, Kemendagri Luncurkan Dua Sistem Daring untuk Pemerintah Daerah

KLATEN- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke-26, meluncurkan dua aplikasi sistem daring terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sistem yang dimaksud adalah Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otonomi Daerah.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diwakili oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro secara resmi meluncurkan aplikasi saat peringatan Otda ke-26 di Kantor Kemendagri, Senin (25/04/2022), diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota melalui virtual termasuk Kabupaten Klaten.

Saat membacakan sambutan Mendagri, Suhajar menyampaikan setelah 26 tahun berlalu Otonomi Daerah telah memberikan dampak positif yang dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia, bertambahnya pendapatan asli daerah, dan kemampuan fiskal daerah.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat meningkatkan angka indeks pembangunan manusia, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan yang lain,”jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Buka Kembali Pasar Hewan

Ia menghimbau bagi daerah yang masih rendah PAD nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta meningkatkan PAD bahkan melebihi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tanpa melanggar hukum dan norma serta tidak memberatkan rakyat

“Saya mengucapkan selamat memperingati Hari Otonomi Daerah ke-26 dengan semangat Otonomi Daerah kita wujudkan ASN yang proaktif, dan berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045,”ujarnya.

Direktur Jendral Otonomi Daerah Mendagri Akmal Malik melaporkan peringatan hari Otonomi Daerah ke-26 diisi serangkaian acara yakni arahan dari Mendagri dalam acara puncak otonomi daerah tahun 2022, Talkshow dengan melibatkan asosiasi Pemerintah Provinsi, Asosiasi Kabupaten/Kota dan asosiasi DPRD se-Indonesia serta kegiatan podcast, yang melibatkan internal Kemendagri, membahas isu-isu Otda.

Akmal menyebutkan jika perayaan Otda tahun 2021 atau ke-25 dengan meluncurkan beberapa inovasi berbasis elektronik yaitu sistem informasi mutasi daerah, dan juga sistem fasilitasi produk daerah berbasis elektronik. Tahun 2022 juga melakukan inovasi dengan peluncuran dua aplikasi Sistem Daring untuk Pemerintah Daerah.

Baca Juga:  Car Free Day Klaten Kembali Digelar, Lokasi Pindah di Jalan Mayor Kusmanto

“Peringatan Otda hari ini, Dirjen Otda terus berinovasi dan akan melaunching beberapa sistem berbasis elektronik antara lain; Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1, dan melaunching aplikasi Komunikasi Virtual (Kovi) Otonomi Daerah,”pungkasnya.

(ttr/Kominfo-KLT)

telah dibaca: 74 kali

Comments are closed.