Peringati Hari Pahlawan : Klaten Gelar Upacara Dan Ziarah Makam Pahlawan

KLATEN- Peringatan Hari Pahlawan ke-78, Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar Upacara di Halaman Pendopo Setda Kabupaten Klaten dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala.

Peringatan dimulai dengan upacara pada Selasa pagi, Jum’at (10/11/2023), Bupati Klaten Sri Mulyani secara langsung bertindak menjadi inspektur upacara di Halaman Pendopo Setda Klaten.

Turut hadir dalam upacara Forkopimda, Kepala OPD, Organisasi Wanita se-Kabupaten Klaten, TNI/Polri, ASN Kabupaten Klaten, dan pelajar SMP/SMA.

Dalam sambutannya Bupati Klaten membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. Ia menyampaikan Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” terangnya.

Baca Juga:  Stabilkan Harga Pangan, Sri Mulyani Kembali Salurkan Bazar Pangan Murah di Kecamatan Prambanan dan Kebonarum

Usai membacakan sambutan Mensos, Sri Mulyani juga berpesan agar Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 ini bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna serta Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. “Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi yang mampu terlibat dalam usahausaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi yang membutuhkan pertolongan sosial,” jelas Sri Mulyani.

Peringatan upacara Hari Pahlawan semakin khidmat dengan dibacakannya pesan-pesan pahlawan nasional seperti Ki Hadjar Dewantara, Cut Nyak Dhien, Gubernur Suryo, R.A Kartini, Moh Yamin, Pattimura, Nyi Ageng Serang, dan lainnya.

Selanjutnya dihari yang sama Forkopimda, Kepala OPD, dan Organisasi Wanita melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala Kabupaten Klaten. Prosesi ziarah dipimpin langsung Bupati Klaten, Sri Mulyani.

(ttr-kominfo/klt)

telah dibaca: 83 kali

Comments are closed.