Pers Harus Berimbang

Klaten – Peran media massa dalam menunjang pembangunan khususnya di daerah tidak bisa diabaikan. Keberadaan media sebagai jembatan informasi dinilai sama pentingnya dengan pembangunan daerah itu sendiri.

Berkaca pada hal tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani pun mengajak jurnalis sebagai garda depan informasi publik untuk berperan aktif bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dalam mewujudkan Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera. Ia mengatakan dengan terlibatnya insan media, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait perkembangan di Kabupaten Klaten.

“Dalam membangun Klaten Keren, Pemkab Klaten tidak bisa sendiri. Di sinilah perlunya sinergi dengan media, khususnya insan pers, insan media dalam menguatkan branding Klaten Keren,” paparnya dalam acara Ramah Tamah Bersama Media yang digelar Bagian Humas Setda Klaten di RM Kakung Sableng, Klaten, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya informasi terkait pembangunan daerah yang disampaikan media massa kepada masyarakat, baik cetak, elektronik, maupun daring, dapat mendorong masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan di daerah. Karenanya Sri Mulyani berharap media memberikan informasi yang berimbang, sehingga Pemkab juga terdorong untuk meningkatkan kinerjanya.

Baca Juga:  Stikes Muhammadiyah Klaten Melepas 139 Wisudawan Baru

“Informasi yang berimbang sangat penting bagi kami. Karena masukan-masukan positif, kritik yang membangun dibutuhkan untuk terus maju,” katanya.

Salah satu perwakilan jurnalis, Iwan Purwoko mengapresiasi upaya Bupati Klaten untuk membangun sinergitas Pemkab Klaten dengan media massa. Ia menilai keterbukaan informasi dari pemerintah sangat dibutuhkan masyarakat untuk ikut memantau dan mengawasi pembangunan di daerah. Dalam pasal pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial.

Jurnalis Metro TV ini menambahkan pers dituntut dapat memenuhi hak masyarakat dalam mengetahui informasi secara akurat, jujur, dan berimbang.

“Sinergitas ini perlu agar masyarakat mengetahui informasi secara rinci dari pemerintah. Khususnya pembangunan yang saat ini sedang berlangsung di daerah,” paparnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 38 kali

Comments are closed.