Peserta CPNS Harus Melewati Pintu Metal Detektor

KLATEN – Para peserta ujian CPNS 2020 yang akan mengikuti seleksi Kompetensi Dasar di Lembaga Pendidikan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kabupaten Karanganyar harus mengikuti tahapan ketat. Salah satunya harus melalui pintu metal detektor oleh petugas sebelum memasuki ruang ujian.
Pintu metal detektor bagi peserta ujian yang akrab disapa pejuang NIP ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan pemanfaatan alat bantu seperti jam tangan, handphone atau lainnya yang bisa disalahgunakan untuk melakukan kecurangan selama ujian.
“Ini (uji meta detektor) dilakukan sekedar prinsip kehati-hatian saja. Segala kemungkinan penyalahgunaan alat bantu itu bisa saja terjadi. Panitia hanya menghindari hal yang tidak diinginkan agar proses ujian bisa berjalan baik” jelas Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Tamtama (Senin, 11/02/20).
Tamtama menambahkan dari 736 lowongan yang dibuka Pemerintah Klaten hanya 730 formasi yang diikuti peserta ujian. Enam lowongan yang kososng yakni formasi dokter spesialis yang rencana ditempatkan di Rumah Sakit Daerah Bagas Waras Klaten sepi peminat. Sedangkan untuk peserta ujian CPNS dari Klaten, Tamtama menjelaskan dari 9.485 pelamar yang resmi dinyatakan lolos administrasi sebanyak 16 peserta tidak mengikuti ujian alias mengundurkan diri.
Dalam kesempatan pengecekan pelaksanaan ujian CAT di LPPKS Karanganyar,(Sabtu, 9/02/20), Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan semangat bagi peserta agar tetap percaya diri selama mengikuti ujian seleksi.
“ Teman-teman peserta tes adalah berjuang untuk masa depan dan keluarga. Maka jangan takut dan harus optimis. Kalau takut malah tidak sesuai ekspektasi dan keinginan. Untuk tes TKP atau Karakteristik Pribadi jangan sampai dikosongkan dan harus semua dijawab. Yang mudah dijawab dulu, pokoknya intinya harus yakin. Semoga nilainya bagus dan sehingga bisa bergabung membangun Klaten yang keren, maju, mandiri dan berdaya saing” jelas Sri Mulyani didampingi Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Ronny Roekmito dan Kepala BKPPD Surti Hartini saat mengunjungi peserta ujian yang terletak di Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar.
Peserta CPNS menggunakan komputer atau sistem computer assisted test (CAT) di LPPKS, Karanganyar yang sudah berlangsung sejak Kamis (06/02) berakhir Senin (11/02). Tiga tes diujikan dalam pelaksanaan SKD CPNS adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Peserta diikuti tiga Kabupaten yakni Klaten, Sragen dan Karanganyar.
Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

CPNS 2020 (3)
CPNS 2020 (2)
tes CPNS (3)

telah dibaca: 223 kali

Comments are closed.