PPKM Akhir Pekan, Klaten Terpantau Lumayan Lengang

KLATEN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM khususnya tindak lanjut kebijakan Gubernur Ganjar Pranowo terkait Jateng di Rumah Saja di wilayah Kota Klaten terpantau lumayan lengang. Beberapa titik pemantauan yang dilakukan Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten menunjukkan efek kebijakan Gubernur Ganjar itu terlihat terasa dilihat dari aktivitas warga dan kegiatan perdagangan di bumi bersinar.

Lokasi sekitar Stasiun Klaten sekitar pukul 11.15 terpantau sepi. Aktivitas pedagang kaki lima di sekitar stasiun terlihat tutup demikian juga pengguna jalan.

Pasar darurat sekitar jam 11.00 WIB terlihat beraktivitas seperti biasa. Biarpun tidak terlalu ramai, transaksi jual-beli antara pedagang dan pembeli terlihat masih berlangsung untuk menjaga kebutuhan masyarakat.

Pemandangan sedikit ramai terlihat di pusat kota. Sekitar jam 10.30 beberapa pusat perbelanjaan masih buka biar pun sebagian ada yang tutup. Toko yang buka ini mendorong masyarakat untuk belanja. Alhasil di toko yang cukup terkenal di Klaten ini terlihat masih cukup ramai.

Sebaliknya pemandangan di Alun-alun Kota Klaten terpantau sedikit sepi. Pedagang angkringan masih saja berjualan walaupun tidak semua.

Johan (52) yang namanya disamarkan mengaku tetap berjualan demi keluarga. Jualan angkringan di alun-alun baginya menjadi harapan hidup saat ini.

“Pedagang kaki lainnya ikut libur. Kabarnya ada kebijakan Gubernur untuk di rumah saja. Angkringan bagi saya harapan satu-satunya” ungkapnya kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten Sabtu (6/2/21).

Suasana tidak jauh berbeda terjadi di sekitar RSI Klaten. Beberapa pedagang pagi memilih tutup. Berangsur siang rumah makan terlihat buka.

Boim (56) yang namanya disamarkan tetap memilih berangkat kerja. Dari pimpinan nya kerja tidak memberikan waktu libur.

“Tadinya sempat ragu juga antara kerja atau tidak terkait kebijakan dua hari di rumah saja. Tapi karena bos tidak meliburkan akhirnya tetap kerja menyelesaikan proyek” jelas nya kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten Sabtu (6/2/21).

 

Penulis Joko Priyono dan Tim Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 59 kali

Comments are closed.