Puncak Peringatan HDI 2023, Pemkab Klaten Luncurkan Aksidifa

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2023 tingkat kabupaten di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Rabu (6/12/2023). Kegiatan ini diikuti ratusan perwakilan kelompok difabel se-Kabupaten Klaten.

Dalam kesempatan tersebut turut diluncurkan aplikasi Aksidifa. Ketua Panitia Penyelenggara Peringatan HDI 2023 Kabupaten Klaten, sekaligus Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Klaten, Muh. Nasir mengatakan Aksidifa merupakan aplikasi yang berbasis website untuk penyediaan data dan informasi penyandang disabilitas di Kabupaten Klaten.

“Melalui Aksidifa, kita bisa mengetahui potensi dan hambatan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan aplikasi ini pemerintah dapat mengimplementasikan kebijakan terkait perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Diharapkan dengan data yang terhimpun, kebijakan yang dihasilkan berbasis pada perencanaan yang lebih tepat sasaran,” paparnya.

Aplikasi Aksidifa tersebut diluncurkan secara langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Dalam peringatan HDI 2023 ini, Bupati juga mengukuhkan Komite Disabilitas Kabupaten Klaten masa bhakti 2023—2028. Adanya Komite Disabilitas tersebut diharapkan dapat menyuarakan dan menjamin pemenuhan hak disabilitas.

Baca Juga:  34 Puskesmas Raih Akreditasi Paripurna, Bupati : Tingkatkan Layanan Kesmas

“Hadirnya Komite Disabilitas Kabupaten Klaten diharapkan dapat mendukung Kabupaten Katen menjadi kabupaten inklusif,” katanya.

Sri Mulyani menjelaskan sejumlah kebijakan hingga layanan yang diselenggarakan Pemkab Klaten bagi masyarakat telah mempertimbangkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Hal ini menegaskan komitmen Pemkab Klaten dalam menjamin hak penyandang disabilitas.

“Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 ini, diharapkan tujuan pembangunan berkesinambungan mampu memperlihatkan keberpihakan kepada penyandang disabilitas. Tidak hanya menempatkan difabel sebagai obyek pembangunan, namun sekaligus sebagai subyek atau aktor pembangunan. Prinsipnya tidak ada satu orang pun tertinggal, harus benar-benar diwujudkan,” ungkapnya.

Puncak peringatan HDI 2023 Kabupaten Klaten juga dimeriahkan seni pertunjukan yang dibawakan siswa Sekolah Luar Biasa di Kabupetan Klaten dan pameran produk yang dihasilkan oleh kelompok difabel. (ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 103 kali

Comments are closed.