Purna Paskibraka Klaten Dilantik Jadi Duta Pancasila

KLATEN – Purna Paskibraka Kabupaten Klaten tahun 2021 resmi dilantik sebagai Duta Pancasila. Penetapan tersebut bersama dengan purna Paskibraka kabupaten/kota dan Provinsi Jawa Tengah.

Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BPIP RI Nomor 183 Tahun 2021 dan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP RI), Yudian Wahyudi di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (28/12/2021). Kegiatan ini diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Tengah secara virtual.

Dalam arahannya, Kepala BPIP berpesan bahwa tugas purna paskibraka belum selesai karena hari ini anggota purna paskibraka akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila. Anggota purna paskibraka juga diharapkan dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Penetapan ini bermakna bahwa adik-adik purna paskibraka wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Terutama dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, Kebangsaan, Persatuan, dan Kesatuan, Cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Baca Juga:  Puan Maharani Resmikan Jembatan Gantung Girpasang

Pengukuhan tersebut dilanjutkan dengan pengambilan ikrar Duta Pancasila dan penyematan pin Duta Pancasila. Penyematan pin juga turut disematkan Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya kepada purna Paskibraka Klaten 2021 di Ruang Rapat Utama Gedung B Setda Klaten.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyampaikan apresiasinya kepada anggota purna Paskibraka yang dilantik sebagai Duta Pancasila dan berharap senantiasa menjaga dan mengimplementasikan Pancasila sebagai ideologi yang tidak terpisahkan dari laku dan tindakan.

“Saya ucapkan selamat kepada adik-adik Duta Pancasila, laksanakan amanat ini dengan penuh tanggung jawab dan kerja keras. Amalkan nilai-nilai luhur Pancasila, jadilah teladan dan panutan masyarakat. Tularkan jiwa Pancasila kepada para pemuda, generasi penerus bangsa ini. Kita ingin Pancasila dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya slogan,” paparnya.

Senada dengan Wagub Jawa Tengah, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya mengatakan pengukuhan tersebut diiringi dengan konsekuensi purna Paskibraka ikut memasyarakatkan dan membumikan ideologi Pancasila. Ke depannya diharapkan purna Paskibraka Klaten menjadi role model kalangan muda dalam menghayati nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga:  MTQ Klaten Bakal Digelar Maret 2022, Peserta Bisa Mendaftar di KUA Terdekat

“Implementasinya di kehidupan sehari-hari, adik-adik ini bisa menjadi contoh di lingkungannya, di sekolahnya. Sehingga tingkah laku dan perbuatan harus selaras dengan nilai Pancasila,” katanya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 69 kali

Comments are closed.