Rapat Konsultasi PKK Tahun 2016 Diikuti 300 Peserta

Hj Sri Mulyani Klaten Berpidato di Acara Rapat konsultasi TP PKK kabupaten dan kecamatan se-kabupaten Klaten

Hj Sri Mulyani Klaten Berpidato di Acara Rapat konsultasi TP PKK kabupaten dan kecamatan se-kabupaten Klaten

Klaten – Selasa (23/02) di gedung Sunan Pandanaran Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten diselenggarakan Rapat Konsultasi Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Klaten tahun 2016. Kegiatan diikuti oleh 300 peserta dari pengurus kabupaten, kecamatan dan lain-lain itu dibuka Wakil bupati Hajah Sri Mulyani ditandai dengan pemukulan gong, dilanjutkan pelantikan pengurus TP PKK kabupaten periode 2016-2021.

Ketua TP PKK kabupaten Klaten Hajah Harjanti Jaka Sawaldi mengatakan, pelaksanaan program TP PKK kabupaten Klaten tahun 2015 mampu meraih prestasi yang sangat menggembirakan. Keberhasilan tersebut untuk tingkat Nasional meraih predikat sebagai Pakarti Utama Tingkat Nasional pelaksana terbaik PKK-KB Kesehatan, dan lima macam  juara II tingkat propinsi Jateng untuk jenis lomba Pelaksanaan terbaik 10 program pokok PKK, Lomba Menu, Lomba Busana Kerja, Lomba Penyuluhan Kader BKB dan juara III Lomba Kadarkum Tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2015..

Mengacu keberhasilan gerakan PKK tahun 2015, Harjanti mengatakan, program kegiatan kedepan lebih ditingkatkan dengan menajamkan program PKK dari kebijakaan umum dan teknis yang menjadi target pembangunan disegala bidang. Agar kegiatan di lapanghan berjalan lancar, perlu dilakukan dengan memperluas jaringan Sistem Informasis Managemen PKK, sehingga dapat diakses oleh setiap kader secara cepat dan akurat.

Menurut isteri Sekda Klaten,  data kelembagaan PKK tahun 2015 kelompok PKK terdiri dari kelompok kabupaten, kecamatan, desa dan kalurahan sampai dengan RW dan RT, ditambah desa wisma sebanyak 21.490 kelompok. Dalam bidang kesehatan terdapat 2250 Posyandu dengan kwalitas Madya 71, Purnama 1.248 dann Mandiri 937 kelompok, untuk melakukan penimbangan bagi bayi dan balita yang ada disekitar Posyandu.

Wakil bupati Klaten Hajah Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaan dilakukan masyarakat. Keberadaan lembaga ini menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat karena merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan. “Rapat konsultasi merupakan salah satu bentuk peran serta PKK dalam membangun keluarga dan masyarakat, disamping itu juga sebagai sarana untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai program kerja yang dilaksanakan sebelumya“ ujarnya.

Menurut Yani Sunarno, terjun dalam pengurus PKK di semua tingkatan merupakan langkah yang tepat dan berbudi luhur, karena sanggup mengabdi sepenuh hati tidak mengharapkan imbalan bentuk apapun. Meski hasil tidak diperoleh dirinya secara langsung, pengabdian itu kelak diterima atau dirasakan langsung oleh anak maupun cucunya. Adapun pengurus PKK kabupaten Klaten periode 2016-2021 yang dilantik sebanyak 37 personil tersebut, antara lain Ketua umum drg. Hajah Harjanti Jaka Sawaldi, sekretaris Nyonya Tutik Supardjo dan bendahara Nyonya Susilo, dilengkapi Pokja I hingga Pokja IV dan sejumlah anggota.

Lihat galeri foto

telah dibaca: 1015 kali

Comments are closed.