Resmi Dibuka, Klaten Tourism and Creative Economy Festival Tahun 2023 Jadi Ajang Pengembangan Ekonomi Kreatif

KLATEN – Klaten Tourism and Creative Economy Festival Tahun 2023 digelar di Taman Kuliner Mall Pelayanan Publik (MPP) Klaten pada Sabtu, 25 November 2023. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Klaten, Forkopimda Kabupaten Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Asisten dan Staff Ahli, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Camat, dan sejumlah undangan lainnya.

Forkopimda Kabupaten Klaten membuka acara dengan meninjau stand potensi daerah, menampilkan keunggulan dari berbagai kecamatan seperti Kecamatan Jatinom dengan produk unggulan Apem, Kecamatan Prambanan dengan Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Bayat dengan Desa Wisata Jarum, dan Kecamatan Cawas dengan Desa Ngerangan yang menjadi cikal bakal angkringan, serta potensi lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Sri Nugroho, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan potensi produk unggulan dari 35 desa wisata di Kabupaten Klaten. Festival ini berlangsung selama dua hari, 25-26 November 2023, dan mencakup berbagai kegiatan termasuk lomba melukis, membatik, dan sejumlah acara lainnya yang diikuti oleh 100 siswa.

Baca Juga:  34 Puskesmas Raih Akreditasi Paripurna, Bupati : Tingkatkan Layanan Kesmas

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten juga mengukuhkan Komite Ekonomi Kreatif periode 2023-2026. Sebagai tanda pengukuhan, Bupati menyematkan Jablak kepada para pengurus komite. Sri Mulyani menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi kreatif dapat mendorong produk lokal dan mendukung pertumbuhan UMKM. Dia berharap Klaten Tourism and Creative Economy Festival Tahun 2023 dapat menjadi platform untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif di Kabupaten Klaten.

Bupati menambahkan bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif saling terkait. Pariwisata yang ramai dapat menggerakkan ekonomi, dan sebaliknya, ekonomi kreatif dapat memperkaya industri pariwisata. Sri Mulyani menyimpulkan bahwa keberhasilan acara ini adalah bukti kesiapan Kabupaten Klaten sebagai destinasi wisata yang kompetitif dan adaptif di masa depan. Ia mengajak masyarakat untuk mendukung produk ekonomi kreatif lokal, menjadikannya daya tarik wisata yang unik di Kabupaten Klaten. (tom/Kominfo-klt)

telah dibaca: 126 kali

Comments are closed.