Resmikan LPM Desa Pundungan, Bupati Klaten Harap Petani Klaten Dukung Ketahanan Pangan

Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat dan Gedung Kesenian Yudhistira Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring dilaksanakan pada Selasa, (27/12/2022).

Turut hadir dalam peresmian tersebut Bupati Klaten, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Forkopimcam Juwiring, Kepala Desa se Juwiring, Gapoktan Budi Rahajo dan tamu undangan lain.

Kegiatan yang pertama Bupati Klaten beserta rombongan meninjau secara langsung lumbung pangan Desa Pundungan yang diberi nama Lumbung Pangan Mapan (Mandiri Pangan). LPM tersebut bersumber dana dari Bantuan Keuangan Kementerian Pertanian dilengkapi dengan Rumah RMU, lumbung, lantai jemur, mesin RMU dan beddryer. Selanjutnya, Bupati beserta rombongan melakukan penanaman bibit mojo dan meresmikan secara langsung Gedung Kesenian Yudhistira.

Kepala Desa Pundungan, Danang Setiawan menyampaikan dengan adanya lumbung pangan masyarakat dapat menjadikan pertanian di Desa Pundungan profesional.
“Program ketahanan pangan sangatlah penting. Berkat bantuan dari DPR RI dan dinas terkait, Pundungan mendapatkan program lumbung pangan. Disamping lumbung pangan, kami juga membangun gedung kesenian. Kami bangga dengan Grha Yudhistira karena desain dan arsiteknya adalah warga Desa Pundungan sendiri,” ujarnya.

Baca Juga:  Vaksinasi Booster Kedua Digelar, Bupati : Jaga Kesehatan, Tetap Waspada

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani sangat mendukung program yang dilakukan oleh Desa Pundungan dan meminta para petani untuk mencermati kondisi yang ada agar bisa ikut membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Ini adalah program yang sangat bagus. Maka saya minta kepada seluruh masyarakat untuk selalu mendukung program yang dibuat oleh pemerintah desa. Saya meminta kepada para petani tolong cermati betul kapan bisa tanam dan kapan bisa panen. Jika panen jangan langsung dijual semua tapi persiapkan sebagian untuk ketahanan pangan kita, keluarga/ masyarakat luas,” tutur Bupati.

Terakhir, kegiatan dilanjutkan dengan penyaluran bantuan beras kepada 7 desa yang terdampak banjir, yaitu Desa Talang, Desa Jambakan, Desa Krakitan, Desa Bawak, Desa Balak, Desa Pakisan, dan Desa Kalikebo.

(Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Kabupaten Klaten)

telah dibaca: 38 kali

Comments are closed.