Revitalisasi Tahap Dua Kawasan Rowo Jombor Digelontor 50 milyar

KLATEN- Proyek revitalisasi obyek wisata kawasan Rowo Jombor yang terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten tahap kedua segera dijalankan. Dana sebesar 50 milyar disiapkan untuk untuk proyek revitalisasi rowo seluas 198 hektar.

Kabar itu disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Agus Rudyanto usai melaksanakan rapat bersama Forkopimda Kabupaten Klaten dan dinas terakait di Ruang Rapat B2 Setda Kabupaten Klaten, Rabu (19/05/2021).

“Jadi tadi saya sudah menemui Bupati Klaten. Intinya saya kulo nuwun atau minta izin untuk melaksanakan revitalisasi Waduk Rowo Jombor. Bulan ini (Mei) revitalisasi Rowo Jombor akan segera dimulai. Untuk proyek revitalisasi menelan anggaran 50 milyar lewat APBN” ungkapnya.

Terkait rincian obyek yang akan dikerjakan melalui proyek revitalisasi ini, Agus menyebutkan sesuai dengan tugas dan fungsi BBWS Solo adalah membangun membuat environment di sekeliling waduk. Tujuannya agar tanggul waduk kebanggaan masyarakat Klaten ini tidak longsor.

“Melalui revitalisasi ini akan membuat pedestrian jogging track di sekeliling Rowo Jombor, membuat pengamanan pembendung, serta mengatasi sedimentasi.

Baca Juga:  5.000 Warga Klaten Ikuti Vaksinasi Covid-19

Prioritas lain adalah penataan rumah apung dan kerambahnya juga akan ditertibkan dan ditata. Nanti tanggal 21 Mei 2021 direncanakan ada sosialisasi” imbuhnya.

Menanggapi rencana revitalisasi Rowo Jombor Siswanto (54) warga Krakitan, Bayat, Klaten saat ditemui Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten Rabu (19/05) menyambut baik pelaksanaan proyek. Harapannya agar penataan Rowo Jombor bisa meningkatkan ekonomi masyarakat secara merata.

“Kami berharap selain tanggul Rowo Jombor diperkuat, fasilitas jalan lingkar juga diperhatikan karena sebagian ada yang rusak. Sedangkan untuk aktifitas wisata seperti wisata kapal, parkir dan pengelola warung apung juga diatur lebih baik dengan memberdayakan masyarakat asli Krakitan” harapnya.

Penulis Titi
Foto Hendra Kurniawan
Editor Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 99 kali

Comments are closed.