Ribuan Warga Klaten Tumpah Ruah Saksikan Festival Reog

KLATEN- Festival Reog membuat ribuan masyarakat Kabupaten Klaten tumpah ruah penuhi Jalan Pemuda Klaten (Proliman Matahari), Rabu (31/08/2022).
Kirab kesenian tersebut lengkapi kemeriahan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Festival dibuka dengan persembahan ucapan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dari Jogja Flying Club, melalui udara dengan tiga pesawat yang bertuliskan “Nyawiji Hanggayuh Mukti”. Kemudian, Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, dan Forkopimda menerbangkan burung merpati sebagai tanda acara dimulai.

Dilanjutkan penampilan 14 kontingen atau paguyuban dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Klaten antara lain Reog Singo Utomo ( Desa Bawak, Kecamatan Cawas),Reog Krido Manunggal (Burikan Cawas , Sanggar Garudo Merapi Tirto Kencono (Kemalang), Paguyuban Wiku Iro Dendho (Bayat), Reog Tribata Wiro, Paguyuban seni Reog Singo Manggala (Desa Temuwangi, Pedan), Tari Krincing Bersinar (Sanggar Janmo Luhur, Reog Singo Mudho, Tari Anoman Duta (Ganesha Prambanan), Reog Rogo Puspo Joyo, Reog Kudho Pamungkas Singo Menggolo, Sanggar Jathilan Kridho Manunggal, Reog Singo Joyo, dan ditutup dengan Barongsai Singo Mataram.

“Semoga masyarakat pengunjung sehat, bahagia dengan sajian yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten,” jelas Bupati Klaten.

Baca Juga:  Vaksinasi Booster Kedua Digelar, Bupati : Jaga Kesehatan, Tetap Waspada

Sri Mulyani menyampaikan meskipun sempat diguyur hujan, tetapi tidak menyurutkan semangat masyarakat.
Ia berharap Festival Reog dapat menghibur masyarakat Kabupaten Klaten yang setelah lama akibat Covid-19 tidak ada hiburan.

“Harapanya bisa nguri-nguri (melestarikan) dengan adanya Festival Reog yang dimiliki setiap wilayah Kecamatan di Kabupaten Klaten,” ujarnya.

Sementara, salah satu warga, Kuwati yang merupakan warga Desa Pencar, Kecamatan Wedi rela berdesak-desakan untuk menyaksikan Festival Reog.

Ia mengaku datang bersama cucu kesayangannya untuk melihat kesenian Reog.

“Selamat Jaya, Kota Klaten bersinar yang berulang tahun ke-218,” ungkap Kuwati.

Terakhir, setiap penampilan kesenian yang ada di Festival Reog Kabupaten Klaten diberikan uang pembinaan dari Bupati Klaten senilai Rp. 2 juta rupiah.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 128 kali

Comments are closed.