RT Zona Kuning, Protokol Kesehatan Bakal Diperketat

Klaten – Lebih dari 300 wilayah Rukun Tetangga (RT) di Kabupaten Klaten masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19. Selanjutnya wilayah RT yang masuk dalam zona kuning akan diterapkan isolasi mandiri sesuai dengan Surat Edaran Bupati Klaten No. 443.5/034 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan (Gugas PP) Covid 19 Kabupaten Klaten, Ronny Roekmito mengatakan dari hasil rapat koordinasi Senin (15/2/2021) diketahui dari total 9.593 wilayah RT ada 366 RT yang masuk dalam zona kuning. Sementara 9.227 wilayah lainnya masuk dalam zona hijau. Selanjutnya wilayah tersebut diminta untuk meningkatkan kedisiplinan untuk menekan angka penyebaran.

“Ada 366 RT yang masuk zona kuning, dari 9.593 RT di Klaten. Yang ditekankan (ke wilayah RT zona kuning) kedisiplinannya. Akan dilakukan isolasi mandiri di wilayah RT masing-masing,” katanya.

Menurutnya disiplin dalam pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) merupakan kunci untuk menekan penyebaran Covid-19. Bahkan untuk mempersempit penyerabaran, disipiln prokes harus dilakukan hingga tingkat rumah atau keluarga.

Baca Juga:  PPKM Diperpanjang, Bupati Klaten Keluarkan Empat Instruksi Tegas

“Kuncinya di situ, masyarakat melakukan isolasi mandiri dan disiplin. Karena di beberapa kasus ditemukan justru penularan terjadi di dalam rumah karena tidak disiplin. Kalau disiplin, akan bisa menurun lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan lain, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan saat ini Pemkab Klaten sedang mendata jumlah Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen yang dimiliki Pemkab Klaten. Hal ini berkaitan kebutuhan rapid antigen cukup banyak.

“Setiap hari sekitar 430 kali dilakukan rapid antigen untuk masyarakat. Stoknya selain pengadaan sendiri, ada dari Pemprov (Pemerintah Provinsi), BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan),” ungkapnya.

Sri Mulyani berharap dengan upaya yang dilakukan saat ini dapat menekan penyebaran Covid-19 dan wilayah RT dalam pemantauan menjadi zona hijau. “Saat ini secara umum Klaten masuk di zona orange, kita sedang bekerja keras untuk turun menjadi (zona) kuning ke hijau,” katanya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 61 kali

Comments are closed.