Ruas Jalan Gebyok-Jimbung Resmi Dinamai Jalan Dr. R. Soeharto

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten resmi menetapkan ruas jalan Gebyok-Jimbung dengan nama Jalan Dr. R. Soeharto. Penamaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kepada Dr. R. Soeharto.

Bupati Klaten, Sri Mulyani hadir secara langsung untuk meresmikan Jalan Dr. R. Soeharto di Aula Kantor Desa Jimbung, Kalikotes, Jumat (27/5/2022). Penamaan Jalan Dr. R. Soeharto termaktub dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Klaten Nomor 662/157 Tahun 2022 dan memiliki panjang 2,71 kilometer dari simpang empat Gebyok sampai dengan simpang tiga Rawa Jombor.

Peresmian Jalan Dr. R. Soeharto ditandai dengan pembukaan selubung papan nama jalan oleh Bupati Klaten. Acara tersebut turut dihadiri pihak keluarga almarhum Dr. R. Soeharto dan sekaligus menerima SK penamaan ruas jalan tersebut.

Dr. R. Soeharto adalah putra asli Klaten kelahiran Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari dan dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta. Oleh Pemkab Klaten dan Pemprov Jawa Tengah, nama Dr. R. Soeharto diusulkan sebagai pahlawan nasional atas peran dan perjuangannya sejak berkiprah di Jong Islamieten Bond, menjadi pengurus besar Jong Java mengikuti Kongres Pemuda II (yang melahirkan Sumpah Pemuda). Perannya juga tercatat di Pusat Tenaga Rakyat dan peristiwa-peristiwa penting dan krusial sebelum dan pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta perannya dalam pendirian berbagai institusi penting negara.

Baca Juga:  Pola Hidup Sehat Harus Jadi Gaya Hidup

Bupati Klaten mengatakan selain apresiasi, penamaan jalan ini juga sebagai bentuk upaya Pemkab Klaten untuk mendukung pengusulan gelar pahlawan nasional. Sehingga Dr. R. Soeharto dikenal luas oleh masyarakat, khususnya warga Klaten.

“Salah satu persyaratan pengusulan pahlawan nasional adalah namanya telah diabadikan melalui sarana monumental di daerah asal sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan Almarhum Bapak DR R Soeharto ini putra asli Klaten yang lahir di Desa Tegalgondo, calon pahlawan nasional pertama dari Klaten,” ungkapnya.

Adapun pemilihan ruas jalan tersebut dengan nama Dr. R. Soeharto yakni karena ruas jalan tersebut merupakan sambungan dari Jalan Ir. Soekarno yang telah diresmikan Pemkab Klaten sebelumnya. Perwakilan pihak keluarga, Dewi Kamaratih Soeharto menyampaikan letak ruas jalan tersebut menggambarkan kedekatan ayahanda dengan pemimpin bangsa sekaligus sahabat seperjuangan, Bung Karno.

“Melalui acara ini, kami berharap bisa menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Klaten, seperti nasehat Romo Dr. R. Soeharto kepada anak-anaknya agar menjadi manusia berguna, yang senang berbuat kebaikan, saling menasehati dengan kebenaran, serta bermanfaat bagi banyak orang,” paparnya. (ang/Kominfo-klt)

Baca Juga:  Pemkab Klaten Buka Kembali Pasar Hewan

telah dibaca: 148 kali

Comments are closed.