Sambang Warga Wonosari, Program Pembangunan Di Perbatasan Klaten Jadi Perhatian Bupati

KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klaten menggelar sambang warga di Desa Pandanan, Kecamatan Wonosari, Jumat (1/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sri Mulyani menyampaikan sejumlah program pembangunan di wilayah perbatasan yang harus menjadi perhatian bersama. Selain menjelang tahun anggaran baru, sejumlah program pembangunan di wilayah perbatasan juga memiliki urgensi untuk segera direalisasikan maupun diselesaikan.
Di antaranya pembangunan pasar di Desa Teloyo yang berdampingan dengan Pasar Baki, Kabupaten Sukoharjo. Menurutnya keberadaan pasar tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Wonosari secara signifikan lantaran adanya transasi ekonomi lintas daerah.

“Karena itu asetnya desa, saya perjuangan dengan sungguh-sungguh, sekaligus pembangunannya oleh Pemerintah Kabupaten. Semoga tahun ini benar-benar selesai, dan manfaatkan keberadaan pasar ini dengan baik, prinsipnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Sidowarno yang berhasil menyabet penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ia meminta potensi tersebut terus dikembangkan dan menjadikan desa setempat semakin maju.

Baca Juga:  Stabilkan Harga Pangan, Sri Mulyani Kembali Salurkan Bazar Pangan Murah di Kecamatan Prambanan dan Kebonarum

Ia juga mengingatkan Pemdes Tegalgondo terkait pembangunan gedung milik desa yang dinamakan dengan nama pahlawan asal Klaten, dr Soeharto. Sri Mulyani menyampaikan gedung tersebut bukan hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, namun juga penghargaan bagi sosok Dr. dr. Raden Soeharto Sastrosoeyoso sebagai pahlawan yang dikukuhkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

“Itu merupakan penghargaan bagi sosok pahlawan dr Soeharto, yang merupakan pahlawan dari Klaten, sebagai wujud apresiasi kita sebagai generasi penerus,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada Desa Pandanan yang telah mengangkat potensi wilayahnya dengan menghadirkan wisata baru berupa embung desa. Menurutnya Pemkab Klaten akan memberikan pendampingan agar obyek wisata milik desa tersebut dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Pandanan, Sri Mulatsih mengatakan embung yang berada di utara lapangan setempat yang menjadi lokasi sambang warga, merupakan hasil pengembangan wilayah yang diinisiasi oleh Pemdes Pandanan. Namun keberadaan embung tersebut sebagai obyek wisata masih membutuhkan pembangunan lebih lanjut.

Baca Juga:  34 Puskesmas Raih Akreditasi Paripurna, Bupati : Tingkatkan Layanan Kesmas

“Karena itu, kami meminta kesediaan Ibu Bupati untuk memberikan pemihakan anggaran untuk pembangunan dan pengembangan wisata di Desa Pandanan,” paparnya. (ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 42 kali

Comments are closed.