Sambut HUT Ke — 78 RI, Pemkab Klaten Gelar Malam Tirakatan dan Renungan Suci

KLATEN — Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan ke—78 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar rangkaian kegiatan malam tirakatan di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Rabu (16/8/2023) malam. Kegiatan ini dihadiri secara langsung Bupati Klaten, Sri Mulyani dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya serta jajaran Forkopimda Klaten.

Dalam laporannya, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Klaten sekaligus ketua panitia kegiatan, Muh Nasir menyampaikan malam tirakatan HUT ke—78 RI tingkat Kabupaten Klaten ini dihadiri sekitar 300 tamu undangan dari berbagai unsur. Tahun ini, peringatan HUT ke—78 RI mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” dan tema Hari Jadi ke—219 Kabupaten Klaten “Saiyeg Saeka Praya” dan diharapkan menjadi semangat untuk mewujudkan Kabupaten Klaten yang semakin maju, mandiri dan sejahtera.

“Kegiatan ini dilaksanakan sengan tujuan untuk memperkokoh nilai budaya dan pilar kebangsaan. Serta menguatkan kembali nilai-nilai proklamasi dan kepahlawanan bagi generasi selanjutnya, sekaligus memperkuat tali silaturahmi berbagai komponen masyarakat guna memperlancar langkah pembangunan menuju Klaten yang semakin maju, mandiri, dan sejahtera,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tutup KBMKB Ke-22, Bupati Berharap Program Bawa Manfaat Bagi Masyarakat

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan momentum ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan diri dalam mengisi kemerdekaan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat dan komponen bangsa untuk bahu membahu, saling mengingatkan dan memberikan semangat untuk bersama membawa Indonesia yang semakin maju.

“HUT RI ini dirayakan berdekatan dengan hari jadi Klaten. Sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk kita merefleksikan diri dalam mengisi kemerdekaan dan saling bahu membahu membangun Indonesia yang semakin maju dan mewujudkan Kabupaten Klaten yang juga semakin maju mandiri dan sejahtera,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut digelar orasi kebangsaan oleh pemenang lomba esai pelajar Beri Aku Sepuluh Pemuda : Andai Aku Jadi Bung Karno.

Kegiatan malam tirakatan dilanjutkan dengan renungan suci dan apel kehormatan di Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala yang dipimpin Kapolres Klaten, AKBP Warsono. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengenang arwah dan jasa para pahlawan. (ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 89 kali

Comments are closed.