Sebanyak 1.305 Seniman Semarakkan Festival Ketoprak

Warga Klaten kembali dimanjakan dengan gelaran pertunjukan rakyat Festival Ketoprak antar kecamatan se-Kabupaten Klaten yang diselenggarakan di Panggung terbuka RSPD Klaten. Festival ketoprak yang memperebutkan piala Bupati ini berlangsung selama empat hari dari tgl 15 – 19 Juli 2019.

Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani hadir secara langsung membuka acara pada Senin (15/07) malam. Dalam sambutannya Bupati sangat mengapresiasi dan menyambut baik gelaran festival ketoprak yang diselenggarakan Dewan kesenian Kabupaten Klaten ini. beliau menyampaikan, kegiatan festival Ketoprak sebagai ajang silaturahmi bagi seniman dan seniwati sekaligus memberikan hiburan yang murah meriah bagi warga Klaten. Yang tidak kalah penting, festival ketoprak merupakan wujud nyata dalam upaya melestarikan kesenian tradisional yang ada di Klaten.

Lebih Lanjut, Sri Mulyani sangat mendukung keinginan masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Klaten sebagai Kota Ketoprak. Beliau berharap tahun mendatang Festival Ketoprak dapat digelar dengan lebih meriah dan semarak lagi. “Semoga di tahun depan bisa lebih semarak lagi, Syukur Klaten bisa meraih rekor  dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam penyelenggaraan festival ketoprak” ungkap Sri Mulyani.

Joko Krisnanto selaku Ketua Panitia menyampaikan festival ketoprak antarkecamatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten dan HUT ke-74 RI. Festival ini selain sebagai ajang silaturahmi juga menjadi media untuk mengajarkan budi pekerti yang adi luhung.

Baca Juga:  Klaten Bangga, Atlet Paralympic Klaten Sumbang 5 Emas, 7 Perak dan 7 Perunggu

Festival ketoprak kali ini melibatkan 1.305 seniman dan seniwati dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten. setiap kecamatan diberi kesempatan untuk tampil maksimal dengan durasi waktu satu jam. Mereka juga membawa regu karawitan sendiri untuk mengiringi pentas ketoprak kecamatan masing-masing.

Pada hari pertama, Senin (15/07) warga Klaten disugihi penampilan menarik dari lima kecamatan yaitu Kecamatan Klaten Selatan, Karangnongko, Jogonalan, Bayat  dan Kecamatan Juwiring. Dilanjutkan Hari Kedua, Selasa (16/07) ada enam Kecamatan yang unjuk kebolehan yaitu Klaten Utara, Manisrenggo, Kalikotes, Karangdowo, Prambanan dan Kecamatan Kemalang. Pada Hari ketiga Rabu (17/07) enam kecamatan lain berkesempatan tampil diantaranya Kecamatan Klaten Tengah, Trucuk, Tulung, Cawas, Karanganom dan Kecamatan Gantiwarno. Hari Ke Empat, Kamis (18/07) kembali menampilkan enam kecamatan yakni Kebonarum, Ceper, Wedi, Polanharjo, Jatinom dan Wonosari. Sedangkan tiga kecamatan yang tersisa yaitu Ngawen, Delanggu dan Kecamatan Pedan mendapat kesempatan tampil di hari terakir, Jumat (19/07).

Festiv Ketoprak (4)
festiv Ketoprak (2)

telah dibaca: 136 kali

Comments are closed.