Sebanyak 210 Cakades Berebut Kursi di Pilkades Serentak Klaten

KLATEN – Ajang Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak gelombang tiga di seluruh wilayah Kabupaten Klaten akan segera digelar. Tepat di hari Rabu Pahing, 9 Oktober 2019 sebanyak 210 calon kepala desa (cakades) akan merebutkan 77 kursi kepala desa yang kosong.
Di pesta demokrasi lokal tingkat desa itu seluruh cakades diminta bersaing secara fair dan menjaga iklim kondusif selama kegiatan pilkades berlangsung.
“ Para calon kepala desa agar legawa bila kalah. Bagi yang menang agar bisa merangkul calon yang kalah. Kerukunan itu lebih utama” pesan Bupati Klaten Sri Mulyani saat bersilaturakhim dengan 210 cakades di acara Ngopi Bareng Bersama Bupati di Pendopo Ageng Rumah Dinas Klaten (Sabtu, 5/10/19).
Di acara yang juga dihadiri Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko dan Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo dan pejabat setempat, Bupati Sri Mulyani mengingatkan agar semua komponen masyarakat dapat menjaga iklim kondusif dalam rangka menyukseskan pilkades gelombang tiga. Hal ini penting agar pilkades dapat berjalan aman, lancar dan kondusif serta menghasilkan kepala desa yang sesuai harapan masyarakat di desanya masing-masing.
Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten Rony Roekmito mengatakan pemerintah akan melakukan monitoring secara penuh.
“Selama dua hari penuh pemerintah bersama aparat keamanan akan melakukan monitoring di seluruh desa yang menggelar pilkades. Selasa malam 8 Oktober 2019 sampai hari pelaksanaan 9 Oktober 2019 akan dilaksanakan pemantauan intensif. Monitoring pilkades ini dilakukan agar panitia pilkades desa mengetahui secara pasti persiapan dan pelaksanaan pilkades sehinga sesuatu yang tidak diinginkan dapat diantisipasi. Yang terpenting pilkades serentak ini berjalan aman dan demokratis” pesan Rony Roekmito

telah dibaca: 72 kali

Comments are closed.