Sebelum Vaksin Harus Sahur

Klaten – Umat muslim Kabupaten Klaten yang telah terdaftar dalam program vaksinasi Covid-19 diminta menjaga kondisi kesehatan selama berpuasa. Hal ini sehubungan program vaksinasi tetap berlanjut selama Ramadan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan umat muslim yang mendapatkan jadwal vaksinasi Covid-19 bertepatan dengan bulan Ramadan harus menjaga kondisi kesehatannya selama berpuasa, teruma menjelang waktu vaksinasi.

“Tetap jaga kondisi kesehatan agar vaksinasinya berjalan lancar. Pelaksanaan vaksinasi tetap sesuai prosedur pemeriksaan yang berlaku,” katanya, Rabu (14/4/2021).

Menurutnya masyarakat yang akan menerima vaksinasi, dianjurkan untuk makan sahur. Pasokan nutrisi saat sahur akan menjaga tubuh lebih stabil setelah menerima vaksin.

“Jangan sampai dilupakan makan sahurnya, sehingga persiapan vaksinnya lebih optimal,” paparnya.

Cahyono menyebutkan berdasarkan kajian kesehatan, vaksinasi Covid-19 dinilai tidak memberikan dampak signifikan bagi kesehatan. Khususnya terhadap kondisi fisik penerima vaksin.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut, vaksin Covid-19 aman diberikan kepada masyarakat meski dalam kondisi berpuasa,” katanya.

Dinkes Kabupaten Klaten melanjutkan program vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan. Pemberian vaksin tetap sesuai dosis dan ketentuan yang berlaku. Saat ini Dinkes masih menyelesaikan sasaran lansia dan petugas layanan publik. Selain itu, terdapat sasaran tambahan yaitu relawan pemulasaran jenazah Covid-19 yang hingga saat ini belum mendapatkan vaksin.

Baca Juga:  Mulai 6 April Truk Galian C Dilarang Beroperasi

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 65 kali

Comments are closed.