Shelter Menden, Klaten Siapkan 60 Bilik Pengungsi Merapi

KLATEN – Shelter Menden yang terletak di Kecamatan Kebonarum, Klaten siap menapung pengungsi jika kondisi darurat bencana Merapi benar-benar terjadi. Sebanyak 60 bilik penyekat bisa digunakan 60 kepala keluarga di shelter yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang standar.

Saat Tim Pemberitaan Dinas Kominfo berkunjung ke Shelter Menden di acara Simulasi Manajemen Barak Pengungsi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten pekan lalu, fasilitas dasar sudah tersedia. Ada fasilitas masjid, gereja, toilet sebanyak 12 kamar, tempat jemuran, dapur, panggung hiburan, kipas angin sampai parkir yang luas.

Hanya beberapa kran air yang didapati bocor, fasilitas protokol kesehatan seperti cuci tangan yang tidak lengkap dan plafon gedung sebagian yang rusak.

“Karena ini pandemi jadi Shelter Menden dibuat bersekat. Ada sekitar 60 bilik. Kalau tidak covid, shelter ini bisa menampung 1.000 pengungsi” kata Ali Sriyanto Kepala Desa Menden, Kebonarum saat bincang dengan Tim Pemberitaan Dinas Kominfo pekan lalu di lokasi shelter.

Terkait pemeliharaan yang dibutuhkan mantan kadus setempat yang kini menjabat Kepala Desa Menden itu mengungkapkan ada kerusakan di plafon shelter. Hal itu sudah dilaporkan petugas THL (tenaga harian lepas) BPBD untuk mendapatkan perbaikan.

Baca Juga:  MTQ Klaten Bakal Digelar Maret 2022, Peserta Bisa Mendaftar di KUA Terdekat

“Di shelter ini sering burung hantu itu terbang menabrak plafon sehingga rusak. Kebetulan THL BPBD juga warga Menden. Selain itu di shelter Menden juga sudah disiapkan lokasi tempat evakuasi ternak milik para pengungsi yang disiapkan di sawah terdekat” jelasnya.

Ditanya jika terjadi luapan jumlah pengungsi, Kepala Desa Menden yang akrab di panggil Ali ini menerangkan telah menyiapkan sejumlah skenario untuk alternatif pengungsian.

“Kami juga sudah mempersiapkan tempat ibadah sekitar seperti masjid, gereja dan sekolahan yang bisa digunakan jika memang shelter ini tidak juga menampung pengungsi” pungkasnya.

Shelter Menden, Kebonarum menjadi salah satu tempat evakuasi pengungsi bagi pengungsi Merapi jika kondisi darurat terjadi. Lokasi shelter lain yang disiapkan pemerintah adalah shelter Demakijo Karangnongko, Kebondalem Prambanan, Kalimosodo Sidorejo, Balai Desa Balerante dan balai Desa Tegalmulyo.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 48 kali

Comments are closed.