Silahturahmi Bersama FKUB, Tokoh Agama Diminta Serukan Vaksinasi

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten mengelar silahturami bersama forum ulama, umaro, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Gedung Sunan Pandanaran, Jumat (22/10/2021). Dalam kegiatan tersebut, tokoh agama diminta untuk mengajak masyarakat mendukung vaksinasi sebagai langkah menuju tercapainya kekebalan kelompok.

Keberadaan tokoh agama dan FKUB dinilai penting dalam memberikan pengaruh kepada masyarakat, terutama untuk memberikan edukasi seputar penanggulangan dan penangan Covid-19 di Klaten. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan FKUB bersama tokoh agama memiliki peran penting yang tidak terpisahkan dari upaya pemerintah dan stageholder lainnya dalam penanganan pandemi yang melanda sejak tahun lalu.

“Capaian vaksinasi di Klaten saat ini sudah 77 persen, di dalamnya tentu ada peran serta FKUB yang memberikan edukasi kepada masyarakat. Karena tidak bisa dipungkiri, pendapat tokoh agama menjadi pedoman masyarakat,” ungkapnya.

Namun meski saat ini capaian vaksinasi mengalami kenaikan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir hingga mengantarkan status Kabupaten Klaten berada di level 2, bukan berarti masyarakat boleh abai dengan kondisi saat ini. Masyarakat justru harus semakin ketat dalam melaksanaan protokol kesehatan dan ikut serta dalam program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga:  4.050 GTT/PTT K2 dan Non K2 di Klaten Terima Dana Kesejahteraan

“Kami minta FKUB semakin gencar mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi, beri edukasi agar segera tercapai herd immunity. Karena masih ada sebagian masyarakat yang enggan ikut vaksin dengan berbagai latar belakang, termasuk ideologi tertentu. Di sinilah dibutuhkan peran FKUB untuk memberikan pemahaman,” paparnya.

Adapun target warga tervaksin di Kabupaten Klaten mencapai 1.006.650 jiwa. Saat ini program vaksinasi terus bergulir dengan adanya percepatan suplai dosis vaksin dari Pusat, baik melalui Pemkab Klaten, Polres Klaten, dan Kodim 0723/Klaten. Ditargetkan capaian vaksinasi dapat terpenuhi pada akhir tahun ini.

Silahturahmi bersama ulama, umaro, dan FKUB Klaten tersebut turut dihadiri Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, Dandim 0723/Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, dan Forkompim 26 kecamatan, dan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) 26 kecamatan.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 81 kali

Comments are closed.