Stop Pneumonia, Pemkab Klaten Targetkan 2,2 Ribu Bayi Terima Imunisasi PCV

KLATEN- Pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka melindungi anak dari bahaya Pneumonia dengan menargetkan 2,2 ribu Bayi dan Balita terima imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine). Hal tersebut ditandai dengan Bupati Klaten, Sri Mulyani melakukan peluncuran imunisasi PCV gratis, Selasa, (01/11/2022) Puskesmas Polanharjo. Dihadiri Bupati Klaten, Ketua TP PKK, Kepala OPD, Ketua MUI, Camat Se-Kabupaten Klaten, Kepala Puskesmas se- Kabupaten Klaten dan balita serta orangtua yang menerima imunisasi.

“Peluncuran imunisasi PCV ini guna mengantisipasi radang paru-paru (Pneumonia) pada anak. Di wilayah Kabupaten Klaten sasarannya sekitar dua ribu dua ratus dua puluh tiga anak yang tersebar di dua puluh enam Kecamatan, Desa,Kelurahan. Hari ini kita launchingkan di Puskesmas Polanharjo,” jelas Bupati Klaten, Sri Mulyani saat acara peluncuran imunisasi PCV.

Ia juga menyebut mulai 02 Oktober 2022 imunisasi PCV sudah dilaksanakan di Kabupaten Klaten, sehingga perlu adanya sosialisasi oleh Kepala Puskesmas dan Dinas Kesehatan kepada orangtua yang memiliki bayi di 34 Puskesmas se-Kabupaten Klaten melakukan imunisasi PCV tanpa dipungut biaya.

Ia membeberkan bahwa di Kabupaten Klaten sampai dengan September Tahun 2022 terdapat 929 kasus pneumonia dan empat kasus diantaranya meninggal dunia, sehingga perlu adanya komitmen bersama terhadap pelaksanan PVC di Kabupaten Klaten.

Baca Juga:  Percepat Tangani Kebakaran, Klaten Luncurkan Smart Damkar

“Tapi apapun bisa kita antisipasi, biar ini tidak sangat fatal terjadi kepada anak-anak. Tentu Pemerintah Kabupaten Klaten mencanangkan imunisasi PCV yang hari ini kita launching, selain itu perlu percepatan kaitannya dengan imunisasi-imunisasi lain yang dibutuhkan oleh anak-anak kita yang usianya dari nol sampai lima tahun harus diperhatikan oleh orangtua. Agar anak-anak sehat dikemudian hari, menjadi SDM yang berkualitas dan sebagai generasi penerus Kabupaten Klaten atau Indonesia,” ujarnya.

Usai meluncurkan vaksinasi PCV, Bupati Klaten menyaksikan dan menggendong salah satu bayi dari Kecamatan Polanharjo yang menerima vaksin yakni Rafisqy Faheel Nugroho. Rafisqy adalah bayi berusia dua bulan, yang merupakan anak laki-laki dari pasangan Endah Eva Cahyanti dan Singgih Nugroho.
Saat ditemui Tim Diskominfo Klaten, Endah (38) ibunda dari Rafisqy mengatakan bahwa bahwa bayinya lahir tanggal 16 Agustus 2022 sehingga sudah bisa mendapatkan imunisasi secara gratis.

Ibu dari bayi yang memiliki panjang 51 centimeter, dan berat 3,47 gram tersebut mengaku sempat takut dengan imunisasi PCV, tetapi setelah ada penjelasan dari Puskesmas Polanharjo menjadi lebih tenang.

Baca Juga:  Diskominfo Klaten Gelar Pesta Rakyat Gempur Rokok Ilegal

“Semoga kedepannya (Rafisqy) sehat terus, tidak ada penyakit,” pungkas Endang.
Terakhir, dilansir dari data Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten hingga 29 Oktober 2022, data sasaran bayi yang sudah dilakukan imunisasi PCV mencapai 1.515 bayi atau sekitar 67,85 persen.

(ttr-kominfo/klt)

telah dibaca: 77 kali

Comments are closed.