Sujarwanto, “Saya Bukan Tipe Pemarah”

KLATEN – Selama 72 hari penugasan sebagai Penjabat Bupati Klaten menjadi pembuktian jiwa kepemimimpinan seorang Dr Ir AP Sujarwanto Dwiatmoko M.Si. Dari arahan sampai solusi yang ditawarkan putra kelahiran Desa Katekan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten itu bisa menyuntikan semangat bagi jajaran birokrasi di Klaten. Tak jarang sikap tegas itu dibutuhkan. Walaupun kadang orang mengartikan Pak Jar demikian beliau akrab disapa, sering dikatakan sedang marah. Padahal tidak demikian.
“Saya mohon maaf kalau selama 72 yang ada yang kurang dan salah. Saya bukan tipe pemarah. Tapi kadang keputusan itu membutuhkan penegasan. Namum bagaimana pun saya akan tetap tersenyum, karena semuanya adalah sahabat” jelas Sujarwanto di acara Serah Terima Nota Pelaksanaan Tugas dari Pjs Bupati kepada Bupati Klaten yang digelar di Gedung Sunan Pandanaran (Ahad, 6/12/20). Spontan ungkapan tulus sekaligus Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah itu disambut tepuk tangan membumbung Forkompinda, dan kepala perangkat daerah Klaten.
Laki-laki yang menginjak usia 55 tahun itu pun menuturkan bahwa dirinya sesungguhnya orang pendiam. Tapi dalam menjalankan kebijakan untuk rakyat itu membutuhkan aksi nyata. Dirinya tidak menginginkan sekedar laporan yang baik dari pembantunya, tapi di lapangan berbeda.
“Saya pernah terpaku diam. Ketika saya mengikuti ujian terbuka Sekda Provinsi Jateng ditanya oleh seorang penguji, kalau saya dikatakan tipe pemarah. Saya lama terdiam. Karena sesungguhnya saya bukan tipe pemarah. Dan saya kira birokrasi Klaten butuh kerja – kerja strategis. Semangat itu perlu selalu dijaga agar Klaten nanti tetap bersinar” pesannya.
Pejabat Provinsi Jawa Tengah yang kini tinggal Jalan Candi Kalasan Selatan Blok IV Nomor 1028 Kalipancur Semarang itu mengaku sangat berkesan bertugas di Klaten. Selama Bupati Klaten Sri Mulyani harus cuti terkait keikut-sertaan dalam pilkada serentak maka kondusifitas wilayah harus terjaga. Termasuk penanganan demontrasi penolakan omnibus law berjalan dengan baik, termasuk kesiapan logistik pemilu dan penanganan covid. Semua itu menurut Sujarwanto Dwiatmoko berkat kerjasama dan kordinasi baik dengan jajaran Frokompinda, KPU, Bawaslu dan jajaran pemerintah.

Baca Juga:  Jelang Penutupan, Pendaftar CPNS Klaten Menembus 3.176 Pelamar

Penulis Joko Priyono Diskominfo Klaten

telah dibaca: 39 kali

Comments are closed.